Nasib Menteri Kominfo Johnny G Plate Akhirnya Ditahan Kejagung Terkait Korupsi Proyek BTS

- 17 Mei 2023, 14:19 WIB
Menteri Kominfo Johnny G. Plate, saat melakukan pengecekan perangkat Super WiFi, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Kamis (24/09/2020) .
Menteri Kominfo Johnny G. Plate, saat melakukan pengecekan perangkat Super WiFi, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Kamis (24/09/2020) . /ANTARA Foto/Kominfo//ANTARA Foto/Kominfo

YOGYALINE - Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Johnny G Plate ditahan penyidik Kejaksaan Agung (Kejagung) karena diduga terlibat kasus korupsi dalam proyek pengadaan base transceiver station (BTS) 4G dan infrastruktur pendukung Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kominfo tahun 2020-2022.

Setelah melakukan penahanan terhadap sang menteri, penyidik Kejagung langsung melakukan penggeledahan rumah dinas dan di kantor Kominfo, Jakarta.

Upaya penggeledahan itu untuk melakukan pendalaman terkait kasus proyek pengadaan base transceiver station (BTS) 4G dan infrastruktur pendukung Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kominfo tahun 2020-2022 yang dalam progresnya bermasalah hingga merugikan uang negara triliunan rupiah.

Baca Juga: Harga STB di Yogyakarta Sempat Bikin Bingung Warga, Ini Instruksi Menkominfo Terkini

"Usai dilakukan pemeriksaan saat ini sedang geledah rumah kediaman yang bersangkutan, rumah dinas dan kantor Kominfo," ujar Direktur Penyidikan Jampidsus Kuntadi Rabu, 17 Mei 2023.

Penetapan tersangka itu dilakukan penyidik Jampidsus Kejagung usai memeriksa Johnny G Plate pada Rabu, 17 Mei 2023.

“Yang bersangkutan diperiksa, diduga ada keterlibatannya terkait jabatan selaku menteri dan selaku pengguna anggaran,” ujarnya lagi.

Dipaparkan, pihak Kejagung menemukan cukup bukti mengenai keterlibatan Johnny G Plate dalam proyek BTS.

Halaman:

Editor: A. Purwoko


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x