Hasil Survei Elektabilitas PDIP, Gerindra di Jateng - DIY - Jabar - Jatim - DKI - Banten - Bali

- 10 Februari 2024, 18:15 WIB
Jajaran bendera partai politik peserta Pemilu 2024 saat penyerahan bendera kirab dari KPU Gianyar ke KPU Denpasar di Denpasar, Minggu (6/8/2023). ANTARA/Ni Putu Putri Muliantari
Jajaran bendera partai politik peserta Pemilu 2024 saat penyerahan bendera kirab dari KPU Gianyar ke KPU Denpasar di Denpasar, Minggu (6/8/2023). ANTARA/Ni Putu Putri Muliantari /

YOGYALINE – Inilah elektabilitas partai-partai di sejumlah wilayah penentuan dalam Pemilu 2024 berdasar hasil survei elektabilitas partai politik oleh Indikator Politik Indonesia yang dirilis pada 9 Februari 2024 atau lima hari menjelang pemungutan suara.

Survei dari Indikator politik dilakukan pada 28 Januari hingga 4 Februari 2024, yang juga dilakukan di seluruh provinsi di Indonesia.

Dalam survei Indikator diperoleh data; PDIP unggul di Jawa Tengah, Yogyakarta, Bali, NTT, Kalbar, Sulawesi Utara, dan Papua.

Baca Juga: Ganjar-Mahfud Bacakan Maklumat di Kampanye Pamungkas: Kami Bukan Pemimpin yang Cacat Moral

Sedangkan Gerindra unggul di Jawa Barat dan Banten. PKB unggul tipis di Jawa Timur.

Dalam survei selama enam hari oleh Indikator itu juga ditampilkan angka elektabilitas Gerindra dan PSI cukup menyodok prosentasenya di provinsi-provinsi yang selama ini termasuk relatif tidak kuat.

Bahkan disebutkan Indikator PSI lebih tinggi dari elektabilitas PPP, Perindo, Hanura, Ummat, dan PBB.

Secara keseluruhan provinsi, elektabilitas PDIP memiliki elektabilitas tertinggi 20,3 persen, disusul Gerindra 18 persen, Golkar 11.9 persen.

Kemudian PKS 8,4 persen, PKB 8,3 persen, Demokrat 7,2 persen, Nasdem 5,9 persen, PAN 5,5 persen.

Halaman:

Editor: A. Purwoko


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x