Simak DCT dan Peta Persaingan di Dapil Jatim 7 pada Pemilu 2024, Alokasi 8 Kursi - Nama-nama Beken Bersaing

- 19 Desember 2023, 20:40 WIB
Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) memindahkan kotak suara dari truk di Gelanggang Remaja Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Jumat (15/12/2023). KPU mulai mendistribusikan logistik Pemilu 2024 berupa kotak suara, bilik suara, alat coblos, dan lainnya.
Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) memindahkan kotak suara dari truk di Gelanggang Remaja Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Jumat (15/12/2023). KPU mulai mendistribusikan logistik Pemilu 2024 berupa kotak suara, bilik suara, alat coblos, dan lainnya. /NADIA PUTRI RAHMANI/ANTARA FOTO

YOGYALINE – Inilah DCT dan peta persaingan partai politik (parpol) di Dapil Jatim 7 untuk kursi DPR RI pada Pemilu 2024 ini. Dapil Jatim 7 meliputi Kabupaten Pacitan, Ponorogo, Trenggalek, dan Ngawi dengan alokasi kursi 8 kursi.

Dapil Jatim 7 yang dikenal sebagai wilayah Mataraman merupakan Dapil yang memiliki persaingan cukup sengit partai-partai nasionalis religius berdasarkan hasil Pemilu 2019 lalu. Di Dapil Jatim 7 ini PDIP meraih 2 kursi, sama dengan perolehan kursi Demokrat.

Sedangkan empat parpol lainnya berbagi dengan perolehan 1 kursi, yakni PKB, Golkar, Gerindra, dan Nasdem.

Baca Juga: Simak DCT dan Peta Persaingan Dapil Jatim 1 Surabaya - Sidoarjo, Alokasi 10 Kursi DPR Arena Persaingan Tokoh

Menariknya di Dapil ini juga terdapat nama-nama beken yang akhirnya melenggang ke Senayan. Ada nama Johan Budi (PDI), hingga Edhi Baskoro Yudhoyono (Demokrat).

Lantas bagaimana persaingan caleg maupun parpol dalam Pemilu 2024 mendatang? Mampukah PDIP dan Demokrat mempertahankan dua kursi, seiring perkembangan politik terkini? Adakah partai lain yang menggeser komposisi parpol peraih kursi? Ada baiknya kita nantikan hasil pemungutan suara pada 14 Februari 2024 mendatang.

Kini KPU RI telah menetapkan daftar calon tetap (DCT) untuk caleg DPR RI dari Dapil Jatim 7 pada 4 November 2023 lalu. Masing-masing parpol telah menyusun para kandidat terbaiknya untuk memperebutkan aspirasi masyarakat di dapil Jatim 7 yang melingkupi empat kabupaten tersebut.

Persaingan telah berlangsung dalam menjaring suara, baik dengan terjun langsung ke masyarakat maupun memantabkannya dengan berbagai platform dan alat peraga kampanye yang ada.

Siapa saja nama-nama yang dipercaya rakyat untuk Pemilu 2024 ini, para pemilih dapat menyimak DCT Pemilu 2024 yang telah ditetapkan KPU, atau dapat mengakses di link berikut ini. (klik di sini)

Halaman:

Editor: A. Purwoko


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x