PKB Bayangi Dominasi PDIP di Jateng, Simak Dapil dan Kantong Suara 20 Kursi Dewan

- 28 November 2023, 08:00 WIB
Jajaran bendera partai politik peserta Pemilu 2024 saat penyerahan bendera kirab KPU di Bali, Minggu (6/8/2023).  Simak persaingan parpol di Jateng pada Pemilu 2024, dimana PKB meraih urutan kedua setelah domninasi PDIP. Raiahan 20 kursi dewan, di mana saja?
Jajaran bendera partai politik peserta Pemilu 2024 saat penyerahan bendera kirab KPU di Bali, Minggu (6/8/2023). Simak persaingan parpol di Jateng pada Pemilu 2024, dimana PKB meraih urutan kedua setelah domninasi PDIP. Raiahan 20 kursi dewan, di mana saja? /ANTARA/Ni Putu Putri Muliantari

YOGYALINE – PKB menjadi peraih kursi terbanyak kedua di DPRD Jateng pada Pemilu 2019 dengan 20 kursi. PKB meraih kursi di 13 dapil yang ada. Bahkan di dua Dapil, perolehan kursinya menyamai PDIP sebagai pemilik kursi terbanyak di gedung dewan. Inilah peta persaingan parpol di Jateng pada Pemilu 2024.

PKB merebut 20 kursi legislatif DPRD Jateng, yang berarti menempel PDIP dan bersaing cukup ketat dengan Gerindra yang meraih 13 kursi dewan. Di mana saja PKB berjaya? Bagaimana dengan persaingan parpol pada Pemilu 2024? Berikut ulasan dan data-data terkait ketatnya persaingan perebutan 120 kursi di 13 dapil yang meingkupi 35 daerah tingkat dua di Jateng.

Diketahui wilayah Jateng memiliki DPT sekitar 28,3 juta pemilih pada Pemilu 2024. Dari massa pemilih, Jateng memiliki basis massa pemilih tradisional yang cukup kuat dalam preverensi politiknya, termasuk massa PKB.

Baca Juga: Cek Dominasi PDIP di Jateng: Raup 50 Persen di Dua Dapil - Ditempel Ketat PKB di Dua Dapil, Begini faktanya

Di sejumlah Dapil perolehan suara PKB cukup signifikan, lebih besar dibandingkan Gerindra maupun Golkar. Perolehan kursi PKB paling banyak meraih 3 kursi di satu dapil, dan selebihnya 2 dan 1 kursi tiap dapil.

Dapil Jateng 13 merupakan ceruk spesial PKB yang meraih 3 kursi. Mereka hanya selisih 1 kursi dengan PDIP dengan raihan 4 kursi. Dapil Jateng 13 melingkupi wilayah Kabupaten Batang, Pekalongan, Pemalang, dan Kota Pekalongan.

Diketahui di Dapil Jateng 13 ini alokasi kursi ada 12 kursi, dimana PDIP meraih 4 kursi, PKB 3 kursi, dan lima partai lainnya meraih 1 kursi. Yakni Gerindra, Golkar, PKS, PPP, dan PAN.

Pada perhelatan Pemilu 2024 diperkirakan persaingan di Dapil ini juga tetap seru, mengingat ‘modal awal’ masing-masing parpol cukup meyakinkan dengan raihan kursi tersebut.

Selain itu, PKB juga meraih 2 kursi dan unggul dibanding pesaing terdekatnya Gerindra maupun Golkar di sejumlah dapil. Sebut saja Dapil Jateng 3 wilayah Kabupaten Kudus, Jepara dan Demak; Dapil Jateng 9 melingkupi Kabupaten Purworejo, Wonosobo, dan Temanggung.

Halaman:

Editor: A. Purwoko


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x