Cek DCT dan Persaingan Dapil Jateng 13 Pemalang - Pekalongan - Batang, Alokasi 12 Kursi Mampukah Kian Tebal?

- 25 November 2023, 21:41 WIB
Petugas Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) memeriksa kelengkapan logistik Pemilu. Cek DCT di Dapil Jateng 13 untuk caleg DPRD Jateng pada Pemilu 2024 dengan alokasi 12 kursi.
Petugas Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) memeriksa kelengkapan logistik Pemilu. Cek DCT di Dapil Jateng 13 untuk caleg DPRD Jateng pada Pemilu 2024 dengan alokasi 12 kursi. /ANTARA /antara

YOGYALINE - Simak DCT dan persaingan Dapil Jateng 13 yang melingkupi wilayah Kabupaten Pemalang, Kabupaten Pekalongan, Kota Pekalongan, dan Kabupaten Batang, untuk kursi DPRD Jateng pada Pemilu 2024. Dapil Jateng 13 terdapat alokasi kursi sebanyak 12 kursi.

Alokasi kursi sebanyak itu masih sama dengan yang berlaku pada Dapil Jateng 13 pada Pemilu 2019 lalu. Dari 12 kursi yang diperebutkan, ada persaingan PDIP dan PKB yang cukup seru.

Dari hasil Pemilu 2019, PDIP merebut 4 kursi, sedangkan PKB merebut 3 kursi. Sedangkan ada lima parpol yang berbagi dengan 1 kursi, yakni Gerindra 1 kursi, Golkar 1 kursi, PKS 1 kursi, PPP 1 kursi dan PAN 1 kursi.

Baca Juga: Inilah Pembagian Dapil Kursi DPR RI di Jawa Tengah Pemilu 2024, Alokasi 77 Kursi, Cek Jumlah Terbanyak

Kini menghadapi Pemilu 2024 parpol peserta pemilu telah menyusun caleg-caleg terbaiknya. KPU Jateng telah menetapkan DCT untuk caleg DPRD Jateng pada 3 November 2023 lalu. Terdapat 18 parpol peserta pemilu kali ini, atau bertambah dua parpol dari pemilu sebelumnya.

Para caleg telah melakukan berbagai sosialisasi dengan berbagai strategi dan metode untuk menjaring aspirasi masyarakat pemilih. Mulai terjun langsung ke masyarakat menggalang jaringan, hingga memanfaatkan berbagai alat peraga kampanye yang kini marak di seantero wilayah Kabupaten Pemalang, Kabupaten/Kota Pekalongan, dan Kabupaten Batang.

Apakah ada pergeseran komposisi peraih kursi DPRD Jateng di Dapil Jateng 13 ini? Ataukah justru PDIP dan PKB akan semakin mempertebal kemenangan? Ada baiknya hasil pilihan rakyat dinantikan usai pencoblosan pada 14 Februari 2024 nanti.

Lantas bagaimana susunan caleg yang disodorkan masing-masing parpol dalam merebut hati rakyat?. Bagi calon pemilih dapat mengecek DCT caleg DPRD Jateng pada Pemilu 2024 di link berikut ini. (klik di sini)

Secara keseluruhan terdapat 1.399 caleg yang masuk DCT, dimana jumlah itu terdiri dari 835 caleg pria, dan 564 caleg perempuan. Mereka akan memperebutkan kuota 120 kursi di DPRD Jateng.

Halaman:

Editor: A. Purwoko


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x