Cek DCT dan Persaingan di Dapil Jateng 5 Kabupaten Grobogan - Blora, Alokasi 8 Kursi Apakah Ada Pergeseran?

- 25 November 2023, 15:56 WIB
Ilustrasi: Petugas KPPS melakukan simulasi penghitungan suara Pemilu. Simak DCT dan persaingan di Dapil Jateng 5 yang meliputi Kabupaten Grobogan dan Kabupaten Blora, untuk kursi DPRD Jateng pada Pemilu 2024 mendatang. /Antara
Ilustrasi: Petugas KPPS melakukan simulasi penghitungan suara Pemilu. Simak DCT dan persaingan di Dapil Jateng 5 yang meliputi Kabupaten Grobogan dan Kabupaten Blora, untuk kursi DPRD Jateng pada Pemilu 2024 mendatang. /Antara /antara

YOGYALINE - Cek DCT (Daftar Calon Tetap) dan persaingan di Dapil Jateng 5 untuk kursi DPRD Jateng pada Pemilu 2024. Dapil Jateng 5 meliputi wilayah Kabupaten Grobogan dan Kabupaten Blora, dengan alokasi kursi ada 8 kursi.

Alokasi kursi DPRD Jateng pada Pemilu 2024 ini masih sama dengan Pemilu 2019 lalu. Dari persaingan pada pemilu sebelumnya, perolehan kursi di Dapil Jateng 5 diketahui PDIP meraih 3 kursi, sedangkan lima parpol lainnya berbagi dengan 1 kursi. Lima parpol yang meraih 1 kursi yakni PKB, Gerindra, Golkar, Nasdem, dan PPP.

Kini dalam tahapan Pemilu 2024, KPU Jateng telah menetapkan DCT caleg DPRD Jateng pada 3 November 2023 lalu. Secara keseluruhan caleg yang masuk DCT caleg DPRD Jateng ada 1.399 orang. Jumlah itu terdiri dari 835 caleg pria, dan 564 caleg perempuan, tersebar di 13 dapil di Jateng.

Baca Juga: Cek DCT dan Persaingan Dapil Jateng 4 Rembang - Pati, Alokasi 6 Kursi Siapa Bakal Menggeser Lima Parpol Ini?

Hingga menjelang masa kampanye yang dimulai 28 November 2023, para caleg sudah sejak beberapa pekan sebelumnya telah melakukan sosialisasi. Para incumbent bersaing dengan para pendatang baru di internal partai, maupun bersaing berebut suara parpol di wilayah Kabupaten Grobogan maupun Blora.

Para caleg pun memanfaatkan berbagai alat peraga dan metode sosialisasi, seperti halnya dengan turun langsung ke masyarakat guna membangun jaringan pemenangan, hingga memanfaatkan medsos untuk pencitraan.

Persaingan di dapil ini untuk mengamankan kuota 8 kursi diperkirakan tetap seru. Apalagi di wilayah ini distribusi perolehan kursi cukup merata, kecuali PDIP yang cukup menonjol dengan 3 kursi.

Lantas, mampukan partai-partai laima maupun pendatang baru untuk menggeser dominasi PDIP? Atau adakah partai lama yang tergeser dari perolehan kursi pada pemilu kali ini? Ada baiknya hasilnya dapat diketahui dari pemungutan suara pada 14 Februari 2024 mendatang.

Bagi para pemilih dapat mengecek DCT caleg untuk DPRD Jateng pada Pemilu 2024 ini di link berikut. Mereka akan bersaing untuk dapat merebut mandat suara rakyat. (klik di sini)

Halaman:

Editor: A. Purwoko


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x