Simak Peta Persaingan Parpol di Dapil Jatim 8 pada Pemilu 2024: Hanya Dua Parpol Gandakan Kursi

- 21 Desember 2023, 13:39 WIB
Pekerja menata logistik pemilu KPU
Pekerja menata logistik pemilu KPU /Dziki Oktomauliyadi/Antarafoto

YOGYALINE - Simak DCT dan peta persaingan partai politik (Parpol) di Dapil Jatim 8 untuk DPR RI pada Pemilu 2024, yang meliputi wilayah Kabupaten Mojokerto, Kota Mojokerto, Kabupaten Jombang, Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Madiun, dan Kota Madiun. Persaingan di Dapil Jatim 8 mengalokasikan 10 kursi DPR RI.

Persaingan perebutan suara di Dapil Jatim 8 diperkirakan cukup ketat, sebagaimana hasil Pemilu 2019 lalu. Di Dapil Jatim 8 ini terdapat delapan parpol mampu merebut kursi DPR RI. Hanya saja, dari delapan parpol itu, PKB dan PDIP yang mampu merebut dua kursi dan mengirimkan legislatornya ke Senayan.

Hasil Pemilu 2019 di Dapil Jatim 8 mencatat, PKB dan PDIP merebut masing-masing dua kursi. Sedangkan ada enam  parpol yang berbagi satu kursi. Enam parpol itu adalah Gerindra, Golkar, Nasdem, PPP, PAN, dan Demokrat.

Baca Juga: Simak DCT dan Peta Persaingan di Dapil Jatim 7 pada Pemilu 2024, Alokasi 8 Kursi - Nama-nama Beken Bersaing

Kini KPU RI telah menetapkan Daftar Calon Tetap (DCT) untuk caleg DPR RI di Dapil Jatim 8 pada 4 November 2023 lalu. Masing-masing parpol telah menyusun para kandidat terbaiknya.

 Kini para caleg telah turun ke masyarakat guna menggalang dukungan. Berbagai strategi dilakukan, baik dengan membangun jaringan tim suksesa maupun dengan memafaatkan berbagai alat peraga yang ada.

Bagimana gambaran persaingan pada Pemilu 2024 mendatang? Akankah komposisi partai peraih kursi akan berubah? Mampukah PKB maupun PDIP mempertahankan kursinya? Semua akan terjawab dari hasil pemungutan suara pada 14 Februari 2024 mendatang.

Diperkirakan, kekuatan PKB dan PDIP tetap mewarnai sengitnya rivalitas perebutan suara dari dapil ini. Apalagi perebutan suara masa pemilih juga sedikit banyak akan berkorelasi dengan persaingan pada Pilpres 2024, yang diikuti tiga kontestan.

Siapa saja caleg yang diajukan parpol untuk berebut saura di wilayah Nganjuk, Jombang, Mojokerto dan Madiun itu, para pemilih dapat menyimak secara utuh dalam daftar DCT yang telah ditetapkan KPU. Masyarakat juga dapat mengakses di link berikut. (klik di sini)

Halaman:

Editor: A. Purwoko


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x