Simak DCT dan Persaingan Kursi DPR RI di Dapil Jatim 6, Basis PDIP dengan 3 Kursi - Siapa Bisa Menggeser?

- 21 Desember 2023, 20:57 WIB
Persiapan petugas dalam menyiapkan surat suara untuk Pemilu 2024.
Persiapan petugas dalam menyiapkan surat suara untuk Pemilu 2024. /portal brebes/prmn/prmn

YOGYALINE - Simak DCT dan peta persaingan parpol di Dapil Jatim 6 untuk kursi DPR RI yang meliputi wilayah Kabupaten Tulungagung, Kota Blitar, Kabupaten Blitar, Kabupaten Kediri, dan Kota Kediri pada Pemilu 2024. Di Dapil Jatim 6 ini terdapat alokasi  kursi 9 kursi DPR.

Berdasar hal Pemilu 2019 persaingan antar parpol di Dapil Jatim 6 cukup didominasi PDIP yang meraih 3 kursi dari 9 kursi yang ada. Selain itu, PKB meraih 2 kursi, sedangkan Gerindra, Golkar, Nasdem, dan PAN masing-masing meraih 1 kursi.

Pada Pemilu 2024 akankah ada pergeseran partai peraih kursi? Mampukah partai-partai baru merangsek mengubah komposisi partai? Pertanyaan itu akan terjawab setelah pemungutan suara 14 Februari 2024 mendatang. Perjuangan telah dilakukan masing-masing parpol sejak tahapan pemilu dimulai hingga kini.

Baca Juga: Simak Peta Persaingan Parpol di Dapil Jatim 8 pada Pemilu 2024: Hanya Dua Parpol Gandakan Kursi

KPU RI telah menetapkan daftar calon tetap (DCT) caleg DPR RI untuk Pemilu 2024. Masing-masing parpol telah menyusun para kandidatnya untuk kembali berkontestasi pada Pemilu 2024 ini. Ada incumbent dan ada juga pendatang baru.

Seiring kompetitifnya persaingan pada Pemilu 2024 yang juga kian kompleks dengan adanya poros capres yang terbagi tiga kubu, diperkirakan persaingan tetap sengit. Kini para caleg telah melakukan penggalangan dukungan sebanyak mungkin dari masyarakat di lima daerah tingkat II tersebut.

Siapa yang bakal melenggang ke Senayan layak dinantikan. Yang pasti sejumlah nama populer masuk dalam persaingan dari Dapil Jatim 6 ini. Sebut saja Romy Soekarno, Sri Rahayu, Anggia Erma Rini, dan lain-lain. Sekedar diketahui, dari Dapil ini pada Pemilu 2029 ada nama Guruh Soekarno Putra.

Mengenai DCT caleg DPR RI dari tiap partai bisa disimak dalam daftar DCT di KPU. Pemilih juga dapat mengakses link berikut ini. (klik di sini)

Perolehan kursi di Jatim pada Pemilu 2019

Pemilu 2024 akan kembali menjadi kontestasi penentuan apakah Dapil Jatim 6 yang meliputi Tulungagung, Blitar dan Kediri ini masih merupakan kandang banteng di Jatim. Di Dapil ini hanya PKB yang mampu meraih 2 kursi, menempel PDIP.

Halaman:

Editor: A. Purwoko


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x