Cek Dominasi PDIP di Jateng: Raup 50 Persen di Dua Dapil - Ditempel Ketat PKB di Dua Dapil, Begini faktanya

- 27 November 2023, 14:59 WIB
Simak dominasi PDIP di Jateng berdasar hasil Pemilu 2019. Inilah peta persaingan parpol pada Pemilu 2024, dimana ada potensi sejumlah parpol menyainginya. Foto suasana pemasangan alat peraga dan bendera parpol di Yogyakarta.
Simak dominasi PDIP di Jateng berdasar hasil Pemilu 2019. Inilah peta persaingan parpol pada Pemilu 2024, dimana ada potensi sejumlah parpol menyainginya. Foto suasana pemasangan alat peraga dan bendera parpol di Yogyakarta. /purwoko/yogyaline.com

YOGYALINE – PDIP meraih suara dan kursi terbanyak di DPRD Jateng pada Pemilu 2019. Siapa saingan terdekat, dan di mana saja PDIP unggul? Simak inilah peta persaingan parpol di Jateng pada Pemilu 2024, dimana terdapat 18 partai akan berebut 120 kursi legislatif di DPRD Jateng.

Terdapat sembilan parpol yang berhasil duduk di gedung dewan pada Pemilu 2019, dimana PDIP meraih kursi terbanyak dengan 42 kursi. Dominasi PDIP di Jateng ini menjadi penegas istilah Jateng yang disebut-sebut sebagai kandang banteng. Kini parpaol-parpol tersebut akan kembali bersaing pada pemilu 2014 di 13 Dapil di 35 daerah tingkat dua yang ada.

Persaingan 18 parpol telah berlangsung menyambut Pemilu 2024 ini. Hasil kerja keras masing-masing tim parpol akan diketahui pada hasil pemungutan suara pada 14 Februari 2024 mendatang.

Baca Juga: PDIP DIY Kalkulasi Ganjar-Mahfud Menang 70 Persen, Gibran vs Bambang Pacul - FX Rudyatmo di Kandang Banteng

Berbagai strategi dan trik telah dijalankan masing-masing parpol, yang pada saat bersamaan juga berlangsung Pemilihan Presiden (Pilpres) sehingga berbagai kolaborasi juga dilakukan.

Mengacu hasil Pemilu 2019 untuk kursi DPRD Jateng, PDIP meraih 42 kursi dari 13 Dapil menunjukkan kekuatan memang cukup merata, meski saingan dari parpol di sejumlah dapil juga ketat. Raihan terbanyak PDIP adalah 5 kursi di satu dapil, dan paling sedikit 2 kursi di satu dapil.

Di sejumlah Dapil di Jateng, PDIP mendapat persaingan ketat dengan perolehan kursi sama dengan parpol pesaing mereka. Seperti misalnya di Dapil Jateng 3 dan Dapil Jateng 9, sama-sama meraup 2 kursi bersama PKB. Selebihnya PDIP unggul dalam perolehan kursi.

Perolehan kursi PDIP di DPRD Jateng tiap Dapil:

Dapil Jateng 1 : Kota semarang meraih 3 kursi

Dapil Jateng 2 : Kab Semarang, Kendal, Kota Salatiga meraih 2 kursi

Halaman:

Editor: A. Purwoko


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x