Simak Peta Persaingan - DCT di Dapil Jateng 10, Berebut 11 Kursi di Purbalingga - Banjarnegara - Kebumen

- 23 November 2023, 18:56 WIB
Ilustrasi - Proses penghitungan suara. Simak peta persaingan dan DCT di Dapil Jateng 10 untuk DPRD Jateng pada Pemilu 2024, dimana untuk dapil ini alokasi kursi ada 11.
Ilustrasi - Proses penghitungan suara. Simak peta persaingan dan DCT di Dapil Jateng 10 untuk DPRD Jateng pada Pemilu 2024, dimana untuk dapil ini alokasi kursi ada 11. /Foto: Antara/HO/antara

YOGYALINE - Inilah peta persaingan di Dapil Jateng 10 sekaligus simak DCT atau daftar calon tetap calon anggota DPRD Jateng pada Pemilu 2024. Dapil Jateng 10 meliputi wilayah Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Banjarnegara, dan Kabupaten Kebumen. Di Dapil Jateng 10 ini alokasi kursi ada 11 kursi.

Persaingan parpol di Dapil Jateng 10 diperkirakan masih ketat, meskipun selama ini di dapil ini termasuk lumbung suara PDIP. Jumlah alokasi kursi untuk Dapil Jateng 10 pada Pemilu 2024 masih sama dengan pemilu sebelumnya.

Dari perolehan kursi parpol pada Pemilu 2019 lalu, PDIP meraih 3 kursi, disusul PKB dengan 2 kursi dan enam parpol lain berbagi dengan 1 kursi. Delapan parpol yang berhasil mendudukkan wakilnya itu berturut-turut: PDIP 3 kursi, PKB 2 kursi, Gerindra 1 kursi, Golkar 1 kursi, PKS 1 kursi, PPP 1 kursi, PAN 1 kursi, Demokrat 1 kursi.

Baca Juga: Cek DCT dan Peta Persaingan Dapil Jateng 9 Purworejo - Wonosobo - Temanggung, Alokasi 8 Kursi Siapa Mengerus

Apakah PDIP masih akan berjaya di dapil Jateng 10 ini? Adakah partai yang mampu mengubah formasi perolehan kursi parpol? Hal tersebut akan diketahui dari pemungutan suara Pemilu 2024 pada 14 Februari 2024 mendatang.

Kini KPU Jateng telah menetapkan DCT untuk caleg DPRD Jateng pada Pemilu 2024 yakni pada 3 November 2023 lalu. Para caleg yang telah masuk DCT pun sudah melakukan sosialisasi ke masyarakat. Baik dengan terjun langsung menggalang tim pemenangan, maupun dengan menggunakan aneka alat peraga kampanye.

Diketahui para incumbent tampil bersaing dengan para pendatang baru di internal partai, sekaligus berebut suara dengan ceruk suara parpol lain.

Strategi-stretegi pada persaingan pileg saat ini dimungkinkan berbeda dengan pemilu sebelumnya, mengingat polarisasi dalam  proos Pilpres 2024 sangat berbeda. Kolaborasi antar tingkatan, termasuk pemenangan Pilpres 2024 menjadi salah satu strategi yang dilakukan.

Lantas adakah partai baru yang bakal menyodok, ada baiknya ditunggu hasil perjuangan para caleg dalam DCT maupun parpol peserta pemilu kali ini.

Halaman:

Editor: A. Purwoko


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x