Simak DCT dan Peta Persaingan Dapil Jateng 6 Sragen - Wonogiri - Karanganyar, Rivalitas di Kampung Ganjar!

- 21 November 2023, 09:53 WIB
Ilustrasi suasana Pencoblosan. Simak DCT dan peta persaingan Dapil Jateng 6 untuk calon DPRD Jateng pada Pemilu 2024, dimana di wilayah Sragen, Wonogiri, Karanganyar, terdapat alokasi 10 kursi.
Ilustrasi suasana Pencoblosan. Simak DCT dan peta persaingan Dapil Jateng 6 untuk calon DPRD Jateng pada Pemilu 2024, dimana di wilayah Sragen, Wonogiri, Karanganyar, terdapat alokasi 10 kursi. /zonasurabaya/prmn/yogyaline.com/zonasurabaya/prmn

YOGYALINE - Simak inilah DCT dan peta persaingan Dapil Jateng 6 untuk calon DPRD Jateng pada Pemilu 2024. Cakupan Dapil Jateng 6 meliputi Kabupaten Sragen – Kabupaten Wonogiri – Kabupaten Karanganyar, dimana di Dapil ini memiliki alokasi 10 kursi DPRD provinsi.

Wilayah Dapil Jateng 6 yang merupakan daerah satelit di eks Karesidenan Surakarta itu dikenal sebagai ‘kandang banteng’ di Jawa Tengah. Seperti halnya Dapil 7, di wilayah ini perolehan suara dan kursi PDIP mendominasi.

Jumlah alokasi kursi untuk DPRD Jateng pada Pemilu 2024 sebanyak 10 kursi itu masih sama dengan alokasi kursi Pemilu 2019. Dari pemungutan suara pemilu 2019 lalu, PDIP meraih 5 kursi, atau 50 persen kuota kursi.

Baca Juga: Cek DCT dan Peta Persaingan Dapil Jateng 7 SURAKARTA - SUKOHARJO - KLATEN, Alokasi 10 Kursi di Titik Central

Selanjutnya ada lima parpol lain yang berbagi 5 kursi tersisa dengan meraih 1 kursi, yakni PKB, Gerindra, Golkar, PKS, dan PAN.

Wilayah Dapil Jateng 6 diperkirakan akan menjadi penentuan bagaimana persaingan parpol merebut suara yang bernilai sangat penting di Jateng. Apalagi, ini merupakan kandang banteng yang juga memiliki sejarah panjang dalam persaingan perebutan suara, baik dalam pemilu maupun pilkada.

Diketahui, Kabupaten Karanganyar, merupakan daerah kelahiran Ganjar Pranowo yang kini maju sebagai capres, berpasangan dengan Mahfud MD. Selain wilayah Dapil Jateng 7, wilayah ini pun bakal menjadi barometer bagaimana parpol-parpol bersaing dengan PDIP.

Apakah PDIP mampu mempertahankan dominasinya? Atau bahkan menjadi pengimbang untuk mempertebal kemenangan di saat wilayah Dapil Jateng 7 (surakarta, Sukoharjo, Klaten) memiliki persaingan yang lebih keras? Hasil pertarungan mesin politik maupun para kandidat caleg yang masuk dalam DCT akan diketahui dari hasil pemungutan suara Pemilu 2024 pada 14 Februari 2024 mendatang.

Modal 50 persen perolahan suara di Dapil Jateng 6 – dan juga di Dapil Jateng 7, menjadi gambaran bagaimana kuatnya PDIP, yang bakal bersaing dengan parpol lain dengan modal 1 kursi, maupun parpol pendatang baru yang belum memiliki kursi di gedung dewan.

Halaman:

Editor: A. Purwoko


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x