Cek DCT dan Peta Persaingan Dapil Jateng 7 SURAKARTA - SUKOHARJO - KLATEN, Alokasi 10 Kursi di Titik Central

- 20 November 2023, 12:47 WIB
Ilustrasi Suasana pengangkutan logistik Pemilu. Cek DCT dan persaingan Dapil Jateng 7 yang meliputi Kota Surakarta, Kabupaten Sukoharjo, Kabupaten Klaten dengan lokasi 10 kursi untuk DPRD Jateng pada Pemilu 2024. Siapa yang akan mendominasi?
Ilustrasi Suasana pengangkutan logistik Pemilu. Cek DCT dan persaingan Dapil Jateng 7 yang meliputi Kota Surakarta, Kabupaten Sukoharjo, Kabupaten Klaten dengan lokasi 10 kursi untuk DPRD Jateng pada Pemilu 2024. Siapa yang akan mendominasi? /antaranews/Antaranews Kaltim

YOGYALINE - Simak inilah DCT dan persaingan Dapil Jateng 7 pada Pemilu 2024 untuk valon DPRD Jateng. Wilayah Dapil Jateng 7 meliputi Kota Surakarta, Kabupaten Sukoharjo, dan Kabupaten Klaten dengan alokasi kursi 10 kursi.

Persaingan di Dapil Jateng 7 wilayah Surakarta, Sukoharjo, dan Klaten pada Pemilu 2024 ini diperkirakan akan cukup istimewa untuk diketahui. Sebab di Dapil Jateng 7 ini akan menjadi arena perebutan suara paling sengit, jika dikatikan dengan pelaksanaan pemilu secara keseluruhan.

Dapil Jateng 7 melingkupi Kota Surakarta, yang merupakan ‘kandang banteng’ di Jateng, yang sekaligus kini memiliki tantangan tersendiri saat pasangan Capres Prabowo Subianto menggandeng Gibran, Wali Kota Surakarta yang juga anak presiden Jokowi.

Baca Juga: Cek DCT dan Peta Persaingan Dapil Jateng 3 Kabupaten Jepara - Kudus - Demak, Alokasi 10 Kursi Masih Ketat?

Persaingan di Dapil Jateng 7 pada Pemilu 2024 masih memperebutkan 10 kursi untuk tingkat DPRD Jateng, yang berarti sama dengan Pemilu 2019 lalu.

Pada hasil Pemilu 2019, Dapil Jateng 7 menjadi lumbung suara PDIP yang mendominasi hingga 50 persen dari total suara.

Dari alokasi 10 kursi DPRD Jateng, PDIP mendominasi dengan raihan 5 kursi. Selanjutnya ada lima parpol lain yang berbagi dengan merebut 1 kursi.

Secara rini perolehan kursi DPRD Jateng yakni; PDIP meraih 5 kursi, PKB 1 kursi, Gerindra 1 kursi, Golkar 1 kursi, PKS 1 kursi, dan PAN 1 kursi.

Bagaimana persaingan antar papol dan kandidat pada Pemilu 2024 mendatang? Akankah PDIP tetap mendominasi? Atau, mampukah partai lain menggeser dominasi PDIP seiring dramatisnya dinamika politik saat ini?

Halaman:

Editor: A. Purwoko


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x