Inilah DCT dan Peta Persaingan Dapil Jateng 8 Magelang - Boyolali di Pemilu 2024, Ada 8 Kursi Siapa Bertahan?

- 22 November 2023, 11:11 WIB
Sejumlah pekerja dan staf KPU menurunkan logistik Pemilu 2024. Cek DCT dan peta persaingan Dapil Jateng 8 wilayah Kabupaten Boyolali - Kabupaten Magelang - Kota Magelang yang mengalokasikan 8 kursi DPRD Jateng pada Pemilu 2024. Siapa dominan?
Sejumlah pekerja dan staf KPU menurunkan logistik Pemilu 2024. Cek DCT dan peta persaingan Dapil Jateng 8 wilayah Kabupaten Boyolali - Kabupaten Magelang - Kota Magelang yang mengalokasikan 8 kursi DPRD Jateng pada Pemilu 2024. Siapa dominan? /Pikiran Rakyat/Nurhandoko Wiyoso/yogyaline.com/PR

YOGYALINE - Inilah DCT dan peta persaingan Dapil Jateng 8 yang meliputi Kabupaten Boyolali, kabupaten dan Kota Magelang, untuk calon DPRD Jateng pada Pemilu 2024. Dalam Pemilu 2024, alokasi kursi untuk Dapil Jateng 8 yakni 8 kursi.

Jumlah alokasi kursi untuk Dapil ini ada 8 kursi, sama dengan Pemilu 2019 lalu. Persaingan di Dapil Jateng 8 diperkirakan juga masih sengit pada Pemilu 2024, mengingat wilayah ini memiliki massa pemilih tradisional dengan militansi kuat pada partai mereka.

Diketahui Kabupaten Boyolali merupakan wilayah yang menjadi basis suara PDIP militan. Wilayah ini merupakan satu di antara kabupaten di eks Karesidenan Surakarta yang dalam pembagian Dapil, masuk digabung dengan wilayah Magelang.

Baca Juga: Simak DCT dan Persaingan Dapil Jateng 11 Cilacap - Banyumas pada Pemilu 2024, Alokasi 12 Kursi Siapa Dominan?

Dapil Jateng 8 meliputi Kabupaten Magelang, Kota Magelang, dan Kabupaten Boyolali. Di Dapil ini PDIP dan PKB memiliki suara cukup signifikan. Bagaimana komposisi hasil Pemilu 2024 nanti?

KPU Jateng telah menetapkan DCT (Daftar calon Tetap) calon anggota DPRD Jateng pada 3 November 2023 lalu, dimana terdapat 18 partai peserta Pemilu 2024 yang menyusun caleg-caleg terbaiknya.

KPU Jateng menetapkan sebanyak 1.399 caleg dalam DCT Pemilu 2024 di Jateng, dimana jumlah tersebut terdiri dari sebanyak 835 calon legislatif pria dan 564 calon perempuan. Di antara caleg tersebut bakal bersaing untuk memperrbutkan 8 kursi di wilayah Magelang dan Boyolali.

Kini para caleg maupun parpol pengusung telah bergerak untuk pemenangan mereka. Pergerakan politik mereka kini semakin dinamis seiring dengan pelaksanaan Pilpres 2024 yang memiliki poros berbeda dengan pemilu sebelumnya.

Kolaborasi-kolaborasi dalam pendekatan ke masyarakat pun cukup beragam. Hal itu semakin lengkap dengan pemanfaatan berbagai alat peraga kampanye yang kian marak di seantero Dapil Jateng 8.

Halaman:

Editor: A. Purwoko


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x