Arsjad Rasjid Jadi Ketua Tim Pemenangan Ganjar Pranowo di Pilpres 2024, Kadin Jateng Jawab Kekhawatiran

- 18 September 2023, 11:52 WIB
Ketua Umum KADIN Arsjad Rasjid kini menjadi Ketua Tim Pemenangan Nasional Ganjar Pranowo dalan Pilpres 2024. Sikap Kadin Jateng disampaikan sebagai berikut!
Ketua Umum KADIN Arsjad Rasjid kini menjadi Ketua Tim Pemenangan Nasional Ganjar Pranowo dalan Pilpres 2024. Sikap Kadin Jateng disampaikan sebagai berikut! /Pikirann Rakyat/Dewiyatini/pikiran rakyat

YOGYALINE - Ketua Umum Kadin Arsjad Rasjid kini juga berstatus Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo pada Pilpres 2024. Berbagai komentar pun muncul terkait perannya di Kadin.

Menyikapi pro kontra tersebut, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Provinsi Jawa Tengah menghormati penunjukan Ketua Umum Kadin tersebut sebagai Ketua Tim Pemenangan Ganjar Pranowo dalam kontestasi Pilpres 2024 mendatang.

"Kadin Jateng menyatakan sikap mendukung dan menghormati posisi Ketua Umum Arsjad Rasjid sebagai Ketua TPN Ganjar Pranowo," kata Ketua Kadin Jawa Tengah Harry Nuryanto dalam siaran pers di Semarang, Senin 18 September 2023.

Baca Juga: Siapa Bakal Cawapres Ganjar Pranowo? PPP Buka Suara, Sandiaga Uno Mengaku Sedang Jalani OSPEK

Ketua Kadin Jateng menegaskan, pemilihan Arsjad Rasjid sebagai Ketua TPN salah satu bakal calon presiden dalam Pemilu 2024 itu memang memunculkan kekhawatiran terhadap Kadin akan terlibat dalam pusaran politik.

Meski demikian, menurut dia, Arsjad Rasjid memiliki hak sebagai pribadi dan warga negara yang mempunyai keleluasaan dalam menentukan pilihan politik.

Sepanjang pilihan tersebut tidak melanggar Undang-undang Nomor 1 Tahun 1987 tentang Kadin serta Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga Kadin.

Ia menjelaskan kepengurusan Kadin sejak dahulu sudah berwarna dan penuh keberagaman. Hal itu justru menjadikan sebuah kekuatan dalam organisasi yang menunjukkan tentang keberagaman.

"Hal ini merupakan nilai tambah dan menjadi kekuatan organisasi dalam berkontribusi bagi anggota dalam berkontribusi membangun bangsa," katanya.

Harry menilai kepercayaan yang diberikan kepada Arsjad Rasjid sebagai ketua tim pemenangan salah satu bakal capres itu didasarkan atas kontribusi dan kinerja luar biasa yang selalu berada di garis terdepan mendukung program pemerintah.

Ia meyakini Ketua Umum Kadin akan tetap berpegang teguh menjaga norma dan etika dalam kelembagaan Kadin

"Kami percaya dengan kemampuan manajerial dan profesionalisme Pak Arsjad untuk menakhodai Kadin sekaligus tugasnya sebagai ketua tin pemenangan," katanya.

Sebelumnya, Ketua Umum Kadin Arsjad Rasjid ditunjuk sebagai Ketua Tim Pemenangan Nasional Ganjar Pranowo pada Pilpres 2024.

Baca Juga: PDIP Jogja dan Surabaya Komitmen Menangkan Ganjar di Pemilu 2024

Penunjukan dilakukan dalam pertemuan antara Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum Partai Hanura Oeman Sapta Odang, Plt. Ketua Umum PPP Muhamad Mardiono dan Ketua Umum Perindo Harry Tanoesoedibjo di Kantor DPP PDI Perjuangan, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Calon Pendamping Ganjar Pranowo

Diketahui menjelang pelaksanaan Pemilu 2024 kini dinamika politik secara nasional kian menghangat. Ganjar Pranowo yang diusung PDIP, PPP, Hanura, dan Perindo tersebut hingga kini masih menyisakan wacana yang masih ditunggu-tunggu, yakni mengenai bakal calon wakil presiden yang mendampinginya.

Meskipun berbagai spekulasi mengemuka, namun belum ada keputusan resmi siapa sosok yang dianggap paling tepat mendampingi Ganjar Pranowo. Wacana terbaru mengemuka, dengan menyeruaknya dua sosok yang dianggap paling tepat.

Selain Mahfud MD, kini juga muncul nama Ridwan Kamil. Hal itu atas pertimbangan dan analisa tentang kekuatan Ganjar Pranowo yang harus melengkapi elektabilitasnya merebut suara di Jawa Barat, Jawa Timur, ataupun segmen lainnya.

Di poros yang lain, kini Anies Baswedan yang diusung Partai Nasdem telah memastikan menggandeng Muhaimin Iskandar sebagai calon wakil Presiden dari PKB.

Halaman:

Editor: A. Purwoko


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x