KPU Rilis Nama 52 Mantan Terpidana yang Maju Caleg DPR RI dan 16 DCS DPD pada Pemilu 2024

- 29 Agustus 2023, 22:31 WIB
Ilustrasi - KPU merilis nama-nama dalam DCS yang pernah berstatus terpidana. Namun KPU menegaskan mereka telah memiliki jeda lebih 5 tahu dari statusnya bebas murni dan memenuhi persyaratan maju dalam Pemilu 2024 dalam pemenuhan hak politiknya.
Ilustrasi - KPU merilis nama-nama dalam DCS yang pernah berstatus terpidana. Namun KPU menegaskan mereka telah memiliki jeda lebih 5 tahu dari statusnya bebas murni dan memenuhi persyaratan maju dalam Pemilu 2024 dalam pemenuhan hak politiknya. /antara/Antara

YOGYALINE - Setelah ramai disorot berbagai lembaga, Komisi Pemilihan Umum (KPU) akhirnya merilis daftar Caleg DPR RI dan DPD yang pernah terjerat kasus hukum dan pernah berstatus terpidana dan siap maju dalam kontestasi Pemilu 2024. Mereka tersangkut sejumlah kasus hukum, di antaranya juga ada kasus korupsi.

Ketua Divisi Teknis KPU, Idham Holik dalam rilisnya mengatakan, data tersebut merupakan hasil rekapitulasi dari materi putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang mengatur soal mantan terpidana maju caleg dan kini telah masuk dalam Daftar Caleg Sementara (DCS) untuk Pemilu 2024.

Berdasarkan materi tersebut, ada 52 caleg DPR RI yang berstatus sebagai eks napi dan 16 caleg mendaftar sebagai Calon DPD RI.

Baca Juga: Dapil Kepri Bakal Seru! Mantan Kapolda, Menteri, Gubernur-Wagub Bersaing, Cek DCS DPR RI Pemilu 2024

Anggota KPU Idham Holik menjelaskan, para caleg mantan terpidana yang masuk ke dalam DCS Pemilu 2024 itu sudah melewati masa jeda lima tahun setelah dinyatakan bebas murni. Ia memastikan, hal itu sesuai aturan yang berlaku dan sah berlaku.

“Mereka mantan terpidana dengan ancaman lima tahun atau lebih sebagaimana Putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 87/PUU-XX/2022,” kata Idham kepada wartawan, Selasa 29 Agustus 2023.

Daftar 52 caleg DPR RI yang dirilis KPU yaitu:

Susno Duadji dari PKB Dapil Sumsel II Nomor Urut 2.

H. Huzrin Hood dari PKB Dapil Kepri Nomor Urut 2.

Halaman:

Editor: A. Purwoko


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x