Apa Saja Indikator dalam Ketenagakerjaan? Kemenaker Berikan Penghargaan Terhadap 13 Daerah Berprestasi

- 17 Desember 2022, 09:42 WIB
Infografis unggahan akun Instagram Kemenaker.
Infografis unggahan akun Instagram Kemenaker. /Instagram.com/@kemnaker/

YOGYALINE - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) RI Ida Fauziyah menyerahkan penghargaan Indeks Pembangunan Ketenagakerjaan (IPK)  tahun 2021. Penghargaan tentang pembangunan ketenagakerjaan itu berdasarkan 19 kategori, dan diserahkan kepada 13 provinsi yang berprestasi.

Penghargaan ini adalah  bentuk apresiasi atas prestasi daerah di bidang ketenagakerjaan.

Dalam agenda itu Pemda DI Yogyakarta meraih Penghargaan Indeks Pembangunan Ketenagakerjaan Tahun 2021 pada kategori Perencanaan Tenaga Kerja Terbaik serta kategori Penduduk dan Tenaga Kerja Terbaik.

Baca Juga: Temuan Bawaslu 20.565 Data Pribadi Warga Dicatut Parpol Saat Tahapan Verifikasi Faktual

Penghargaan ini diserahkan oleh Menaker Ida Fauziyah kepada Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi DIY Aria Nugrahadi, Selasa (13/12) di Aula Serbaguna Kemenaker RI, Jakarta Selatan.

"Saya memberikan apresiasi dan penghargaan kepada Gubernur yang telah mendapatkan penghargaan dengan nilai IPK terbaik, hasil Indeks Pembangunan Nasional Tahun 2021 ini sebesar 63,45 juga menunjukkan kenaikan dibandingkan dengan IPK Nasional Tahun 2020 yakni 61,03”.

“Ini merupakan keberhasilan bersama, baik keberhasilan pemerintah pusat maupun pemerintah daerah," ujar Menaker Ida.

Menaker Ida menyampaikan, kenaikan Indeks Pembangunan Ketenagakerjaan Tahun 2021 ini terjadi pada 9 Indikator Utama, yaitu Perencanaan Tenaga Kerja, Penduduk dan Tenaga Kerja, Kesempatan Kerja, Pelatihan dan Kompetensi Kerja, Hubungan Industrial, Kondisi Lingkungan Kerja, Pengupahan, Kesejahteraan Kerja, serta Jaminan Sosial Tenaga Kerja.

Salah satu hal yang mendorong kenaikan IPK adalah meningkatnya kesadaran pemerintah daerah akan pentingnya perencanaan ketenagakerjaan.

Halaman:

Editor: A. Purwoko


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x