Mudryk Mantabkan Comeback Ukraina Sekaligus Lolos Euro 2024

- 27 Maret 2024, 14:11 WIB
Mykhalo Mudryk menjadi penentu kemenangan Ukraina pada final playoff kualifikasi mengalahkan Islandia pada Rabu 27 Maret 2024.
Mykhalo Mudryk menjadi penentu kemenangan Ukraina pada final playoff kualifikasi mengalahkan Islandia pada Rabu 27 Maret 2024. /isntagram/Instagram @m10mudryk

YOGYALINE - Ukraina lolos ke Euro 2024 setelah mereka bangkit dari ketinggalan untuk mengalahkan Islandia 2-1 di playoff Jalur B di Stadion Miejski Wroclaw di Polandia pada Rabu dinihari WIB, 27 Maret 2024.

Albert Gudmundsson, yang mencetak hat-trick dalam kemenangan 4-1 Islandia atas Israel akhir pekan lalu, mencetak gol pembuka yang indah pada menit ke-30 untuk membawa tim tamu unggul saat jeda.

Namun, Ukraina dengan gagah berani melawan di babak kedua, dengan gol penyeimbang Viktor Tsyhankov pada menit ke-54 diikuti oleh kemenangan dramatis pada menit ke-84 dari pemain sayap Chelsea Mykhaylo Mudryk.

Baca Juga: Szczesny Jadi Pahlawan Polandia, Lolos ke EURO 2024 Dinantikan Prancis hingga Belanda

Pasukan Serhiy Rebrov berhasil melaju ke Kejuaraan Eropa keempat berturut-turut dan akan bergabung dengan Belgia, Slovakia, dan Rumania di Grup E pada turnamen musim panas ini. Mereka akan menghadapi Rumania pada pertandingan pertama pada 17 Juni.

Di hadapan lebih dari 30.000 pendukungnya, Ukraina mengawali pertandingan dengan baik namun tidak mampu menciptakan peluang emas, karena ketiga tembakan di 25 menit pertama masih melebar.

Islandia mengandalkan serangan balik di sepertiga akhir babak pertama, dan mereka nyaris sukses ketika Jon Dagur Thorsteinsson melepaskan tembakan percobaan ke arah sudut jauh, tetapi kiper Real Madrid Andriy Lunin berada dalam jangkauan penuh.

Namun, tim tamu akhirnya berhasil memecah kebuntuan pada menit ke-30 dengan cara yang menakjubkan ketika Gudmundsson berhasil melewati beberapa pemain bertahan Ukraina dan menempati posisi sentral di tepi kotak penalti, sebelum melakukan penyelesaian tepat ke sudut kanan bawah.

Ukraina merespons dengan baik, dan setelah Hakon Valdimarsson melakukan penyelamatan luar biasa untuk menggagalkan upaya keras Heorhiy Sudakov. Tuan rumah mengira mereka telah menyamakan kedudukan pada menit ke-39, tetapi Roman Yaremchuk dinyatakan offside oleh VAR setelah memasukkan bola ke belakang gawang.

Halaman:

Editor: A. Purwoko


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x