Szczesny Jadi Pahlawan Polandia, Lolos ke EURO 2024 Dinantikan Prancis hingga Belanda

- 27 Maret 2024, 13:51 WIB
Polandia lolos ke Euro 2024 setelah mengalahkan Weles dalam adu penalti pada final playoff kualifikasi pada Rabu dinihari 27 Maret 2024.
Polandia lolos ke Euro 2024 setelah mengalahkan Weles dalam adu penalti pada final playoff kualifikasi pada Rabu dinihari 27 Maret 2024. /fansided

YOGYALINE - Polandia secara dramatis melaju ke ajang Euro 2024. Impian Wales di Euro 2024 berakhir dengan menyedihkan ketika mereka menderita kekalahan adu penalti 5-4 dari Polandia di final playoff menyusul hasil imbang tanpa gol dalam laga 120 menit. 

Tidak ada negara yang menampilkan serangan gemilang di waktu normal atau perpanjangan waktu – kecuali gol Ben Davies yang dianulir menjelang akhir babak pertama – tetapi adu penalti dimulai dengan sembilan penalti sempurna sebelum Daniel James menjadi eksekutor penalti yang kurang mujur. 

Tendangan penalti pemain sayap Leeds United itu berhasil digagalkan oleh Wojciech Szczesny, hingga pasukan Michal Probierz mendapatkan tiket bisa terbang ke Jerman. Hal itu sekaligus membuat pasukan Rob Page patah hati. 

Baca Juga: Prediksi Wales vs Polandia Final Playoff Kualifikasi Euro 2024, Bukan Jaminan Meski di Kandang

Meskipun berhasil mencetak gol dalam kesuksesan semifinal Dragons atas Finlandia, David Brooks diturunkan ke bangku cadangan oleh Page, yang malah memasukkan Kieffer Moore sebagai andalan serangannya. 

Namun, jagoan Ipswich Town dan Robert Lewandowski itu mencetak momen-momen penting yang di awal pertandingan seakan terkunci.

Embakan Karol Swiderski pada menit ke-11 hanya melewati tiang gawang. Szczesny mendapat sesuatu untuk dipikirkan pada menit ke-17, namun sundulan Davies dari sepak pojok Harry Wilson juga meleset dari sasaran.

Selanjutnya Szczesny terpaksa melakukan penyelamatan luar biasa dari sundulan Moore pada menit ke-48. Namun kedua tim masih berjuang untuk mencapai performa terbaiknya di Cardiff, meskipun belum ada gol tercipta dari gelombang serangan yang mereka bangun. 

Ketika Polandia mulai mengancam lagi, Page membuat keputusan berani untuk menarik pemain Tottenham Hotspur Brennan Johnson digantikan oleh James, sementara Connor Roberts terjatuh dan cedera hingga digantikan oleh Brooks. 

Halaman:

Editor: A. Purwoko


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x