Wagub DIY Tegaskan ASN Wajib Tunjukkan Netralitas pada Pilpres 2024, Ingat Pernyataan Bermaterai!

- 8 Februari 2024, 17:43 WIB
Wakil Gubernur (Wagub) DIY KGPAA Paku Alam X menerima Anugerah Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).
Wakil Gubernur (Wagub) DIY KGPAA Paku Alam X menerima Anugerah Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). /Humas DIY/

YOGYALINE – Pemda DI Yogyakarta berkomitmen menekankan agar para Aparatur Sipil Negara (ASN) bersikap netral dalam Pemilu 2024. Wakil Gubernur (Wagub) DIY KGPAA Paku Alam X menghimbau jangan sampai ada ASN di DIY yang boleh bersikap tidak netral dengan menunjukkan dukungan kepada salah satu paslon dalam Pilpres 2024 mendatang.

Imbauan Sri Paduka ini disampaikan usai mengikuti Rapat Koordinasi Pengawasan dan Pengendalian Badan Kepegawaian Negara 2024, Selasa 6 Februari 2024 di Legian, Bali. Netralitas ASN pada Pemilu 2024 ini sangat diperlukan untuk menjaga suasana kondusif di masyarakat.

Seperti diketahui, sebagai perpanjangan tangan dari pemerintah pusat, ASN memiliki tanggungjawab sebagai contoh baik pada lingkungan sekitarnya.

Baca Juga: Sri Sultan Tekankan Etika dan Adab Pemilu 2024, Butet Tulis Lirik Lagu 'Polisi Jagoanku'

"Melayani masyarakat adalah tugas ASN. Bentuk layanan masyarakat itu salah satunya dilakukan dengan menciptakan suasana damai. Pemilu biasanya rentan mengakibatkan gesekan-gesekan yang berakibat situasi menjadi tidak kondusif. Hal ini yang harus kita cegah. Netral bagi ASN dalam Pemilu itu wajib," tegas Sri Paduka.

ASN DIY sendiri telah menandatangani pernyataan netralitas menghadapi Pemilu 2024, atas sepengetahuan pimpinan instansi. Pernyataan di atas materai ini memiliki kekuatan hukum yang mengikat.

Komitmen inilah yang harus dijaga dan tidak boleh dikhianati sebagai salah satu bentuk pengabdian terhadap negara dan juga masyarakat luas.

Rakor Wasdal BKN 2024 yang mengambil tema “Mewujudkan Netralitas ASN dalam Bingkai Meritokrasi: Menuju Birokrasi Berkelas Dunia” ini dihadiri secara daring oleh MenpanRB Abdullah Azwar Anas dan secara luring di hadiri oleh Plt. BKN, Haryomo Dwi Putranto.

Bertujuan untuk menegaskan komitmen ASN secara nasional dalam menjaga netralitas  jelang Pemilu, acara ini diikuti oleh 800 orang secara luring dan 618 instansi di Indonesia secara daring.

Halaman:

Editor: A. Purwoko


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x