Sri Sultan Ingatkan Hal Ini Saat Terima Kunjungan Capres Anies Baswedan

- 25 Januari 2024, 14:32 WIB
Anies didampingi Sri Sultan HB X saat wawancara dengan wartawan.
Anies didampingi Sri Sultan HB X saat wawancara dengan wartawan. /Foto : istimewa

YOGYALINE - Setelah dua capres sowan kepada Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, raja Jogja itu juga menerima kunjungan capres Anies Baswedan pada Rabu 24 Januari 2024  di Gedhong Wilis, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta.

Pada pertemuan ini, Sri Sultan mengaku mengajak Capres Nomor Urut 1 ini untuk berdialog tentang beberapa hal soal bernegara dan berbangsa. Sultan tak memberikan pesan-pesan khusus.

“Ya saya hanya dialog, saya enggak punya pesan-pesan, karena saya juga enggak perlu apa-apa. Jadi saya sekedar mengingatkan, tapi sambil kita berdialog, apa yang mestinya harus dijaga. Ya seperti tadi, (kami) bahas kebhinnekaan, menyangkut dominasi, bagaimana ya pemimpin itu (seharusnya),” ungkap Sri Sultan.

Baca Juga: Sri Sultan Tekankan Etika dan Adab Pemilu 2024, Butet Tulis Lirik Lagu 'Polisi Jagoanku'

Sri Sultan pun memaparkan harapannya terhadap pemimpin Indonesia di masa depan. Menurut Sri Sultan seorang pemimpin harus bisa mengibarkan semua ‘bendera’.

Bahkan meskipun berasal dari satu ‘bendera’, pemimpin yang baik ialah yang tidak merasa berkuasa. Karena bagi sri Sultan kekuasaan adalah hal yang seharusya diabdikan untuk semua rakyat tanpa membedakan.

“Karena sekecil apapun ‘bendera’ itu diangkat, tetap itu juga pemilihnya, bagian dari anak Republik Indonesia sendiri, jangan dipinggirkan, harus didengar juga sekecil apapun ‘bendera’ itu karena yang milih juga rakyat Indonesia”.

“Kita jangan maunya yang berkibar benderanya sendiri. Ini pendapat saya,” kata Sri Sultan.

Dalam kesempatan ini, Sri Sultan juga kembali menegaskan jika siapapun pilihannya pada Pemilu 2024 mendatang, hal itu adalah hak pribadi tiap individu.

Halaman:

Editor: A. Purwoko


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x