Simak Format dan Jadwal Debat Capres Pertama Malam Ini Selasa 12 Desember 2023, Format Town Hall Bagaimana?

- 12 Desember 2023, 12:35 WIB
Inilah format dan jadwal debat capres dan cawapres untuk Pemilu 2024 yang dimulai pada Selasa 12 Desember 2023 malam ini mulai pukul 19.00 WIB.
Inilah format dan jadwal debat capres dan cawapres untuk Pemilu 2024 yang dimulai pada Selasa 12 Desember 2023 malam ini mulai pukul 19.00 WIB. /Instagram/instagram

YOGYALINE - Setelah sempat menjadi kontroversi dengan keputusannya meniadakan debat cawapres, Komisi Pemilihan Umum (KPU) melakukan revisi tentang acara debat capres dan cawapres Pemilu 2024.

KPU menetapkan format town hall pada debat Calon Presiden (Capres) perdana, Selasa 12 Desember 2023. Acara ini akan dimulai pukul 19.00 WIB yang juga dapat disaksikan dalam siaran langsung televisi.

Bagaimana pelaksanaan debat pertama, termasuk format yang akan digelar? Ditegaskan format pada debat pertama akan berlangsung secara town hall. Format ini sesuai usulan dari Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud. 

Baca Juga: Inilah Profil dan Sosok Mahfud MD Cawapres Ganjar Pranowo pada Pilpres 2024

"Kalau misal formatnya town hall -- nanti yang debat pertama di Kantor KPU itu town hall. Jadi posisinya melingkar, kemudian paslon di stage tengah. Itu town hall," ujar Komisioner KPU August Mellaz, Senin 11 Desember 2023.

Menurutnya, debat Capres akan dilakukan di halaman KPU yang dilengkapi dengan panggung untuk debat. Sejak beberapa hari terakhir panggung telah disiapkan.

Direktur Eksekutif Direktorat Komunikasi Informasi dan Juru Bicara TPN Ganjar-Mahfud, Tomi Aryanto menjelaskan, dalam format tersebut pembicara berdiri di panggung dengan dikelilingi hadirin. Format ini membuat suasana debat lebih cair. 

“Mengapa kami mengusulkan format town hall? Ini memberikan audiens kesempatan untuk berinteraksi. Supaya apa yang menjadi buah pikiran calon-calon ini juga diuji di tempat," ujarnya. 

Jadwal debat Capres-Cawapres

KPU telah mengumumkan jadwal debat capres dan cawapres pada Pilpres 2024 akan digelar sebanyak lima kali dan seluruhnya berlangsung di Jakarta. 

Halaman:

Editor: A. Purwoko


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x