Para Pimpinan Media Massa, Div Humas Polri hingga Dewan Pers Deklarasi Kawal Pemilu 2024 Damai

- 28 Oktober 2023, 16:19 WIB
Puluhan pemimpin redaksi media massa, jajaran Divisi Humas Polri, dan Dewan Pers menggelar deklarasi pemilu damai pada Sabtu 28 Oktober 2023 di Jakarta.
Puluhan pemimpin redaksi media massa, jajaran Divisi Humas Polri, dan Dewan Pers menggelar deklarasi pemilu damai pada Sabtu 28 Oktober 2023 di Jakarta. /purwoko/yogyaaline.com/div humas polri

YOGYALINE – Jelang pelaksanaan Pemilu 2024 tensi politik kian terasa seiring kencangnya dinamika yang ada. Seruan moral untuk menciptakan situasi yang sejuk digelorakan banyak kalangan.

Puluhan pemimpin redaksi media massa, jajaran Divisi Humas Polri, dan Dewan Pers menggelar deklarasi pemilu damai pada Sabtu 28 Oktober 2023 di Jakarta. Deklarasi Kawal Pemilu 2024 Damai ini menjadi komitmen bersama sebagai bentuk sinergitas menghadapi pesta demokrasi.

Kadiv Humas Polri Irjen Pol Sandi Nugroho menjelaskan, deklarasi ini merupakan pernyataan bersama untuk sepakat Pemilu 2024 harus berlangsung damai, punya semua pihak, dan memiliki tanggung jawab moril terhadap bangsa Indonesia.

Baca Juga: Kadiv Humas Polri Terima Audiensi SMSI: Ciptakan Pemilu 2024 Kondusif, Berita Jangan Ugal-ugalan

Dengan terwujudnya hal demikian maka pemilu dapat berjalan dengan aman, damai, dan bermartabat.

“Pesan morilnya, perlu kita semua menjaga keberagamaan bangsa ini, peradaban yang telah dipupuk, kebhinekaan yang sudah lama terbangun. Mari kita jaga bersama semua,” jelas Kadiv Humas, Sabtu 28 Oktober 2023.

Ketua Dewan Pers, Ninik Rahayu, menambahkan bahwa peran media sangat penting dalam menentukan kesuksesan pesta demokrasi lima tahunan tersebut. Berbagai upaya pencegahan kerawanan menjelang Pemilu 2024 pun harus dilakukan bersama-sama.

"Karena media dan pers bukan menjadi contoh, tapi menjadi penentu tata kelola pemerintahan kita, menjunjung tinggi demokrasi itu adalah tanggung jawab pers," ujar Ketua Dewan Pers, Ninik Rahayu Sabtu.

Lebih lanjut Ketua Dewan Pers mengingatkan, pers menjadi penentu sistem demokrasi Indonesia. Sebab, sangat berpengaruh menjadikan masyarakat sebagai partisipasi aktif, memberikan informasi akurat, memberikan hiburan tata kelola pemilu, menjadi kontrol, mengelola daya pikir masyarakat, dan menjaga keberagaman yang ada di Indonesia.

Halaman:

Editor: A. Purwoko


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x