Tol Bocimi Seksi II Resmi Beroperasi, Perjalanan Jakarta - Sukabumi Cuma 2,5 Jam, Menyibak Pansela Jabar

- 4 Agustus 2023, 17:47 WIB
Tol Bocimi Seksi II diresmikan operasionalnya oleh Presiden Jokowi pada Jumat 4 Agustus 2023. Foto: Tol Bocimi seksi II exit tol Parungkuda di Desa Sundawenang, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi dibuka secara fungsional mulai tanggal 15 April 2023
Tol Bocimi Seksi II diresmikan operasionalnya oleh Presiden Jokowi pada Jumat 4 Agustus 2023. Foto: Tol Bocimi seksi II exit tol Parungkuda di Desa Sundawenang, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi dibuka secara fungsional mulai tanggal 15 April 2023 /Malihal Al Azizah/Dok. Mantra Sukabumi

YOGYALINE - Satu lagi ruas tol dari bagian mega proyek pembangunan jalan tol di Indonesia diresmikan operasionalnya. Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jalan Tol Bogor – Ciawi - Sukabumi (Bocimi) Seksi II Cigombong – Cibadak, pada Jumat 4 Agustus 2023.

Kini perjalanan dari Jakarta ke Sukabumi, Jawa Barat terpangkas hingga Cuma 2,5 jam, dari sebelumnya dengan kendaraan bisa mamakar waktu 5-6 jam.

"Alhamdulillah pada hari ini tol Ciawi - Sukabumi ruas Cigombong - Cibadak sepanjang 11,9 km sudah selesai dan siap dioperasikan," kata Presiden Jokowi saat memberikan sambutan peresmian.

Baca Juga: 5 Jalan Tol Ditargetkan Selesai Tahun 2023 Termasuk Tol Pasuruan - Probolinggo, Begini Pentingnya

Dengan beroperasinya tol yang dibangun dengan anggaran Rp 3,2 triliun ini dapat mempermudah akses masyarakat dari Jakarta menuju ke tempat-tempat wisata di Pelabuhan Ratu, Ciletuh, Ujung Genteng dan Gunung Gede.

"Sebelumnya dari Jakarta kalau ke Sukabumi itu memakan waktu sampai 5 jam kadang bisa sampe 6 jam sekarang dengan adanya jalan tol ini hanya kurang lebih 2,5 jam. ini akan mempercepat mobilitas orang, mempercepat mobilitas barang," kata Jokowi.

Diharapkan juga kehadiran Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) Seksi II Cigombong - Cibadak sepanjang 11,9 Km itu secara fungsi dapat meningkatkan daya tarik pariwisata Pantai Selatan Jawa Barat atau Pansela Jabar.

Dari Pihak PT Waskita Karya (Persero) Tbk pun memaparkan poin strategis kehadiran ruas tol tersebut.

"Kehadiran Tol Bocimi bisa sebagai penggerak ekonomi masyarakat yang menjalani usaha di bidang pariwisata, tentunya Waskita juga berharap dengan hadirnya tol ini dapat meningkatkan daya tarik turis lokal maupun luar negeri untuk lebih mengenal keindahan pantai selatan Jawa Barat," ujar SVP Corporate Secretary PT Waskita Karya (Persero) Tbk, Ermy Puspa Yunita dikutip dari ANTARA di Jakarta, Kamis 3 Agustus 2023.

Ermy mengatakan, kehadiran Tol Bocimi sebagai Proyek Strategis Nasional (PSN) tersebut juga dapat meningkatkan pelayanan distribusi barang dan jasa guna menunjang pertumbuhan ekonomi serta peningkatan pemerataan hasil pembangunan dan keadilan bagi wilayah Jawa Barat.

Sejak awal Waskita memproyeksikan peresmian Ruas Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) Seksi II Cigombong - Cibadak akan dilakukan pada Triwulan ke-3 tahun 2023, yang akhirnya diresmikan pada Jumat hari ini.

Jalan tol sepanjang 11,90 kilometer ini menyerap dana Penyertaan Modal Negara (PMN) tahun 2021, dan kini dapat memangkas waktu tempuh 2 jam 30 menit perjalanan dari Jakarta menuju Sukabumi.

“Semoga waktu tempuh yang singkat ini dapat membuat mobilisasi masyarakat sekitar menjadi lebih mudah dan cepat”.

Baca Juga: Cek Jalur Mudik 2023 Ruas Tol Semarang - Solo, Ada Tambahan 2 Rest Area Baru, Apa Saja Fasilitasnya?

Halaman:

Editor: A. Purwoko


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x