5 Jalan Tol Ditargetkan Selesai Tahun 2023 Termasuk Tol Pasuruan - Probolinggo, Begini Pentingnya

- 20 Juli 2023, 14:59 WIB
Salah satu jalur jalan tol Probolinggo - Pasuruan Jawa Timur.
Salah satu jalur jalan tol Probolinggo - Pasuruan Jawa Timur. /Zona Surabaya Raya /Ahmad Saifullah/prmn

YOGYALINE - Inilah 5 jalan tol yang ditargetkan selesai pengerjaannya pada tahun 2023. Jalan tol ini merupakan bagian dari infrastruktur Proyek Strategis Nasional (PSN) yang ditargetkan dirampungkan pengerjaannya tahun ini oleh Kemeneterian PUPR.

PSN jalan tol yang ditergetkan selesai pada 2023 yakni Tol Sigli – Banda Aceh, Tol Pasuruan – Probolinggo, Tol Cimanggis – Cibitung, Tol Cibitung – Cilincing, dan Tol Cinere – Jagorawi.

Berdasarkan data terkini, Kementerian PUPR hingga tahun 2022 telah menyelesaikan 34 infrastruktur PSN, yang juga tertuang dalam Permenko Bidang Perekonomian Nomor 21 Tahun 2022 yang tersebar di seluruh Indonesia.

Baca Juga: Inilah Peta Jalan Tol Terkini 2023, Ada 13 Ruas Baru Siap Beroperasi, Simak Rute Tol Pasuruan - Probolinggo

Ditargetkan, sebanyak 24 PSN dan pengembangan kawasan industri dalam tahap konstruksi dapat selesai pada 2023 guna meningkatkan daya saing bangsa.

Penyelesaian proyek tersebut sekaligus untuk memacu pertumbuhan ekonomi nasional maupun regional bagi kesejahteraan masyarakat yang berkelanjutan (sustainable). 

"Pembangunan infrastruktur ini selain meningkatkan pemerataan pembangunan dan mengurangi disparitas antarwilayah juga untuk meningkatkan perekonomian dan penciptaan lapangan kerja, serta meningkatkan daya saing bangsa,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dikutip dari website Kemeneterian PUPR, Kamis 20 Juli 2023.. 

Pada sasaran program PSN yang akan dicapai pada tahun 2023, Kementerian PUPR menyelesaikan 15 bendungan guna mendukung ketersediaan air dan ketahanan pangan secara nasional.

Sebanyak 15 bendungan itu yakni Bendungan  Keureuto dan Rukoh di Provinsi Aceh, Lausimeme di Sumatera Utara (Sumut), Margatiga di Lampung, Karian di Banten, Cipanas dan Leuwikeris di Jawa Barat (Jabar). 

Halaman:

Editor: A. Purwoko


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x