Kecam Penghinaan Wedding Jojo - Luna, Masyarakat Jogja Long March Bela Budaya Adat Nusantara Siang Ini

- 21 Juli 2023, 10:08 WIB
Pernikahan anjing ‘Jojo dan Luna’ dengan Tata Cara Adat Jawa digelar dua pemilik anjing di Jakarta beberapa waktu lalu. Kini reaksi warga Jogja mengemuka.
Pernikahan anjing ‘Jojo dan Luna’ dengan Tata Cara Adat Jawa digelar dua pemilik anjing di Jakarta beberapa waktu lalu. Kini reaksi warga Jogja mengemuka. /Tangkapan Layar /YouTube Bobby Sant

YOGYALINE - Reaksi masyarakat Jogja terhadap event kontroversial pernikahan anjing Jojo dan Luna dengan menggunakan tata cara dan adat Jawa berlanjut. Dijadwalkan pada hari ini Jumat 21 Juli 2023 berbagai elemen masyarakat di Jogja akan menggelar aksi long march bela budaya adat nusantara.

Berbagai alemen masyarakat di Jogja itu akan melakukan long march dari Titik Nol Jl Malioboro menuju Kantor DPRD DIY.

Selanjutnya mereka akan melakukan audiensi Bela Budaya Adat dan Tradisi Nusantara terhadap tindakan penghinaan Budaya Jawa terkait pernikahan hewan anjing piaraan.

Baca Juga: Kelewatan! Event Pernikahan Jojo dan Luna Dianggap Melecehkan, Wakil Ketua DPRD DIY Angkat Bicara

Agenda Bela Budaya Adat dan Tradisi Nusantara di Gedung DPRD DIY ini akan berlangsung mulai pukul 12.00 WIB hingga 16.00 WIB.

Aktivitas kontroversial pernikahan anjing Jojo dan Luna yang dikemas dengan tata cara dan prosesi adat Jawa menuai kecaman keras dari berbagai pemangku kepentingan terkait pelestarian budaya.

Pihak Dinas Kebudayaan DIY sebelumnya menyayangkan dan menyatakan ketidaksetujuannya ats kegiatan yang dinilai tak beretika budaya itu.

Kepala Dinas Kebudayaan DIY,  Dian Lakshmi Pratiwi menyatakan, sudah selayaknya setiap warga turut menjaga warisan tradisi leluhur dengan bijaksana dan berbudaya.

“Manusialah yang harus berbudaya untuk bisa memahami dan menerapkan semua ekosistem kebudayaan berjalan sesuai kodrat alamiah dan peruntukannya,” kata Dian Lakshmi Pratiwi.

Halaman:

Editor: A. Purwoko


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah