Budaya Berlalu Lintas Perlu Digalakkan, Banyak Sikap Ceroboh Saat Berkendara

- 15 Juni 2023, 15:30 WIB
Kepala Subdirektorat Promosi dan Kemitraan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Iwan Budiyono mengatakan, budaya keselamatan berkendara bagi pengguna sepeda motor harus terus dilakukan melalui edukasi.
Kepala Subdirektorat Promosi dan Kemitraan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Iwan Budiyono mengatakan, budaya keselamatan berkendara bagi pengguna sepeda motor harus terus dilakukan melalui edukasi. /purwoko/yogyaline.com

YOGYALINE - Masih banyaknya kasus kecelakaan lalu lintas yang terjadi di jalanan, ditengarai biasanya karena pengendara sepeda motor ceroboh terhadap lalu lintas dari depan. Budaya berlalu lintas yang belum kuat, menjadi perhatian pihak Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub. Ini yang harus dilakukan.

Tindak kecerobohan antara lain terjadi saat berbelok, soal pemahaman aturan lajur, gagal menjaga jarak aman, dan melampaui batas kecepatan.

Di antara para pengguna jalan yang masih banyak melakukan tindak kecerobohan adalah kalangan remaja atau pelajar.

Baca Juga: Pengalihan Arus Lalu Lintas di Sleman Sampai Pukul 17.00, Senin 15 Mei 2023, Simak Jalur Alternatif Melintas

Kepala Subdirektorat Promosi dan Kemitraan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Iwan Budiyono mengatakan, budaya keselamatan berkendara bagi pengguna sepeda motor harus terus dilakukan dengan berbagai edukasi.

Misalnya edukasi tentang bagaimana menggunakan helm yang benar, mematuhi marka jalan dan rambu, berkendara sesuai lajur, mematuhi traffic light, dan mengendalikan kecepatan (speeding).

“Pelajar adalah aset bangsa. Sayangi nyawa dan mari kita suarakan keselamatan jalan,” ajak Iwan Budiyono pada Pentas Edukasi Transportasi bertema 'Bangun Budaya Keselamatan Bertransportasi Jalan' di Jakarta, Selasa, 13 Juni 2023.

Kegiatan pentas edukasi diikuti sekitar 300 siswa-siswi dari SMAN 52 Jakarta, menghadirkan narasumber yang relevan dengan isu keselamatan jalan, di antaranya Muhammad Arief selaku Trainer Yamaha Riding Academy Indonesia.

Ia mengenalkan bagaimana cara berkendara sepeda motor yang berkeselamatan, dan Digital Content Creator, Abi Satria yang sharing ilmu dan pengalamannya terhadap pembuatan sebuah konten digital di media sosial yang baik, kreatif dan bermanfaat.

Halaman:

Editor: A. Purwoko


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x