Kaisar Jepang Hironomiya Naruhito Terpesona Keelokan Candi Borobudur

- 22 Juni 2023, 17:26 WIB
 Kaisar Jepang Hironomiya Naruhito tampak terkesima melihat kemegahan dan keelokan Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, dalam kunjungannya Kamis 22 Juni 2023 yang didampingi Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.
Kaisar Jepang Hironomiya Naruhito tampak terkesima melihat kemegahan dan keelokan Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, dalam kunjungannya Kamis 22 Juni 2023 yang didampingi Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. /purwoko/yogyaline.com/pemprov jateng

YOGYALINE - Kaisar Jepang Hironomiya Naruhito tampak terpesona melihat kemegahan dan keelokan Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, saat melakukan kunjungan pada Kamis, 22 Juni 2023.

Kaisar Hironomiya Naruhito tiba di pelataran Candi Borobudur sekitar pukul 08.15 WIB.

Setelah mendapat penjelasan mengenai sejarah candi oleh seorang tour guide, Ganjar Pranowo dan Kaisar berjalan menuju candi.

Baca Juga: Simak, Agenda Perayaan Waisak 2023 di Borobudur, Minggu 4 Juni 2023, Kirab Budaya - Pelepasan Lampion

Penjelasan ringan dan entertaining mampu membuat Kaisar terkesima dengan kemolekan Candi Borobudur.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo turut mendampingi Kaisar Jepang berkeliling menikmati panorama candi peninggalan Dinasti Syailendra itu.

Selama kurang lebih 50 menit, rombongan tamu dan tuan rumah berkeliling menikmati kemegahan candi yang dibangun abad ke-8 itu. Mulai keunikannya, filosofi, hingga, teknologinya.

"Saya melihat Kaisar Jepang sangat senang, impresif melihat dan mengikuti dengan sangat senang,” ungkap Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Apalagi, dengan penjelasan tour guide secara mendetail mengenai candi itu.



“Tadi Pak Duta Besar bersama saya mendampingi Kaisar Naruhito, mendengarkan penjelasan dari Pak Mura (tour guide), hebat sekali,” ujarnya.

Baca Juga: Bhikku Thudong Berjalan Kaki dari Thailand ke Borobudur Jelang Waisak 2023, Simak Maknanya, Kapan Sampai?

Selama mendampingi, Ganjar kerap melihat ekspresi kekaguman dari Kaisar terhadap candi Buddha terbesar di dunia itu.

Ganjar Pranowo mengatakan, kunjungan Kaisar Naruhito menjadi simbol hubungan baik antara Indonesia dengan Jepang.

Pada hari sebelumnya dalam kunjungannya di Jogja, Kaisar Hironomiya Naruhito menyempatkan ke Balai Teknik Sabo, Sopalan, Maguwoharjo, Sleman.

Halaman:

Editor: A. Purwoko


Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x