Ribuan Paket Sembako Dibagikan untuk Warga Sekitar Candi Borobudur

- 4 Juni 2023, 14:05 WIB
Bantuan dari Persatuan Umat Buddha Indonesia (Permabudhi) itu diserahkandi Balai Desa Borobudur, Sabtu, 3 Juni 2023.
Bantuan dari Persatuan Umat Buddha Indonesia (Permabudhi) itu diserahkandi Balai Desa Borobudur, Sabtu, 3 Juni 2023. /purwoko/yogyaline.com

YOGYALINE - Ribuan warga sekitar Candi Borobudur Kabupaten Magelang, Jawa Tengah menerima bantuan sosial berupa paket sembako. Bantuan dari Persatuan Umat Buddha Indonesia (Permabudhi) itu diserahkandi Balai Desa Borobudur, Sabtu, 3 Juni 2023.



Secara simbolis bantuan paket sembako diserahkan oleh Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Sumarno, Ketua Umum Permabudhi Philip Kuncoro Wijaya, Dirjen Bimbingan Masyarakat Buddha Kementerian RI Supriyadi, dan pengurus Permabudhi.

Bantuan itu diserahkan kepada sejumlah perwakilan warga masyarakat yang kurang mampu, pondok pesantren, dan lainnya.

Baca Juga: Detik-detik Waisak 2023 Diikuti 4.500 Umat Buddha, Berikut Acara Minggu 4 Juni 2023 Siang Ini

Selain bentuk kepedulian terhadap masyarakat kurang mampu, kegiatan yang diikuti ribuan orang lintas agama itu, sekaligus sebagai tindak lanjut dari MoU Kementerian Agama, Pemerintah Provinsi Jateng, dan Pemerintah Kabupaten Magelang, mengenai pemanfaatan Candi Borobudur sebagai tempat ibadah umat Buddha.

Sekda Sumarno mengapresiasi pembagian paket sembako dari Permabudhi untuk warga di sekitar Borobudur tersebut.

Menurutnya, segala perbedaan yang ada di Indonesia, adalah keniscayaan yang harus terus dijaga, karena negara Indonesia berdiri atas berbagai unsur yang ada.

“Persatuan harus kita jaga, Borobudur adalah tempat ibadah umat Buddha, dan masyarakat sekitar Borobudur sebagian besar Muslim".

"Maka toleransi seperti ini harus kita bangun, saling memberi manfaat, serta saling menjaga persatuan dan kesatuan bangsa,” ujar Sumarno.

Baca Juga: Detik-detik Waisak 2567 BE di Borobudur, Minggu 4 Juni 2023 Pukul 10.41.19 WIB, Simak Agenda Wisatawan

Ketua Umum Permabudhi Philip Kuncoro Wijaya berharap, pelaksanaan Tri Suci Waisak tahun berikutnya dapat lebih ditingkatkan.

Selain itu juga dapat membagikan kebahagian dan rasa cinta kasih tanpa membatasi suku dan agama.

Ia juga berharap semua masyarakat bersatu, saling mendukung dan bergotong royong.

Halaman:

Editor: A. Purwoko


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x