Kunjungan Wisatawan ke Zona 1 Candi Borobudur Sudah Dibuka Lagi Senin 5 Juni 2023 Besok

- 4 Juni 2023, 17:48 WIB
Ratusan Bante Melaksanakan Prosesi Pengambilan Air Berkah Untuk Perayaan Trisuci Waisak Nasional 2567 BE/2023 di Umbul Jumprit, Temanggung, Jawa Tengah/Ft.Dok. Uci G./
Ratusan Bante Melaksanakan Prosesi Pengambilan Air Berkah Untuk Perayaan Trisuci Waisak Nasional 2567 BE/2023 di Umbul Jumprit, Temanggung, Jawa Tengah/Ft.Dok. Uci G./ /purwoko/yogyaline.com

YOGYALINE - Candi Borobudur hanya selama satu hari ditutup untuk zona 1, yakni pada Perayaan Waisak 2023, Minggu 4 Juni 2023. Penutupan zona 1 untuk kunjungan wisatawan reguler yakni kunjungan dengan naik ke struktur candi.

Selanjutnya pada Senin 5 Juni 2023, wisatawan sudah bisa berwisata hingga ke zona 1 sesuai ketentuan yang berlaku.

Penutupan zona I Candi Borobudur bagi wisatawan pada perayaan Waisak 2567 BE/2023 itu untuk menghormati ritual keagamaan yang dilakukan umat Buddha.

Baca Juga: Bhikku Thudong Berjalan Kaki dari Thailand ke Borobudur Jelang Waisak 2023, Simak Maknanya, Kapan Sampai?

Direktur Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbudristek Irini Dewi Wanti di Magelang, Jawa Tengah, Minggu, mengatakan pemanfaatan Candi Borobudur untuk perayaan Waisak sebagai hari besar umat Buddha, merupakan pemanfaatan dalam bidang keagamaan.

Oleh karena itu, Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbudristek mendukung pelaksanaan kegiatan Hari Raya Waisak dengan penutupan zona I, yakni struktur Candi Borobudur dan pelataran candi untuk kunjungan wisatawan reguler.

Ia menegaskan bahwa hari ini zona I Candi Borobudur khusus untuk ibadah umat Buddha.

Namun, kata dia, untuk naik ke struktur candi tetap harus mematuhi aturan guna menjaga kelestarian cagar budaya tersebut .

Untuk naik ke struktur Candi Borobudur, menurut dia, ada aturannya, seperti harus menggunakan sandal upanat.

"Penutupan zona I Candi Borobudur hanya hari ini, besok Senin, 5 Juni 2023 sudah dibuka kembali," kata dia.

Setelah perayaan Waisak secara prosesi keagamaan, pada petang hingga malam ini masih terdapat agenda yang cukup dinanti-nantikan para wisatawan.

Baca Juga: Simak, Agenda Perayaan Waisak 2023 di Borobudur, Minggu 4 Juni 2023, Kirab Budaya - Pelepasan Lampion

Halaman:

Editor: A. Purwoko


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x