HPKN Diperingati Tiap 1 Maret, Ini tonggak Penting Nasional, DIY Gelar Royal Orchestra di Jakarta

- 27 Februari 2024, 18:54 WIB
Salah Satu Penampilan Yogyakarta Royal Orchestra
Salah Satu Penampilan Yogyakarta Royal Orchestra /Istimewa/Kratonjogja.id/

YOGYALINE - Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akan menampilkan Yogyakarta Royal Orchestra di Aula Simfonia Jakarta dalam rangka menggaungkan peringatan Hari Penegakan Kedaulatan Negara atau sebelumnya sering disebut peringatan Serangan Umum 1 Maret, pada Jumat 1 Maret 2024 mendatang.

Pergelaran tersebut sebagai upaya memperluas gaung Hari Penegakan Kedaulatan Negara (HPKN) tahun 2024 yang diperingati tiap tanggal1 Maret.

Sekda DIY Beny Suharsono menjelaskan, HPKN yang ditetapkan pada tahun 2022 ini merupakan hari besar nasional.

Baca Juga: Tanggal 18 Mei 2023 Hari Libur Nasional, Peringatan Hari Besar Apa? Simak di Sini

HPKN lahir di DIY, sebagai bentuk peringatan peristiwa sejarah Serangan Umum 1 Maret pada tahun 1949. Namun, sebagai awal bentuk kedaulatan Indonesia, peringatan ini kurang memiliki gaung secara nasional.

“Tahun 2024 ini kita geser gaung HPKN ke Jakarta. Besok tanggal 1 Maret 2024 kita iringi dengan bentuk konser pada tanggal 1 dan 2 Maret 2024 yang digaungkan secara nasional dan internasional. Kita tidak sekedar menggeser kegiatan dari Jogja ke Jakarta, tapi kita tegaskan, HPKN tidak hanya milik Yogyakarta tapi ini juga milik negara, walaupun kedaulatan dimulai dari Yogyakarta,” ungkap Beny pada Senin (26/02) di Kompleks Kepatihan, Yogyakarta.

Beny menambahkan, gelaran orkestra guna menggaungkan HPKN ini akan menggandeng narasumber dari Kementerian Dalam Negeri. Karena Kemendagri mengawal Kepres Nomor 2 tahun 2022 tentang penetapan HPKN.

Dengan kapasitas 1.000 kursi, orkestra akan pula dihadiri oleh menteri-menteri, duta besar negara sahabat yang ada di Indonesia, dan diharapkan Presiden juga dapat ahdir. Selain itu, DIY mengundang UMKM untuk menggelar pamerab produk UMKM berkualitas untuk lebih luas diperkenalkan secara nasional.

“Meskipun  peringatan kita geser dari Jogja ke Jakarta tapi bukan itu saja karena acara di Jogja tetap berlangsung. Nah ini kita lebih menggaungkan saja".

Halaman:

Editor: A. Purwoko


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x