Simak Persaingan Parpol pada Pemilu 2024 di Kabupaten Brebes, Kantong Suara PDIP - Siapa Mampu Memepet?

- 27 Desember 2023, 09:44 WIB
Ilustrasi: Bendera partai politik peserta Pemilu 2024 saat penyerahan bendera kirab dari KPU Gianyar ke KPU Denpasar di Denpasar, Minggu (6/8/2023). ANTARA/Ni Putu Putri Muliantari
Ilustrasi: Bendera partai politik peserta Pemilu 2024 saat penyerahan bendera kirab dari KPU Gianyar ke KPU Denpasar di Denpasar, Minggu (6/8/2023). ANTARA/Ni Putu Putri Muliantari /antara foto

YOGYALINE - Provinsi Jawa Tengah disebut-sebut menjadi arena persaingan sesungguhnya dalam menentukan siapa yang paling unggul dalam Pemilu 2024, termasuk membuka kans kemenangan dalam Pilpres 2024. Simak inilah persaingan parpol pada Pemilu 2024 di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, salah satu daerah tingkat dua yang masuk catatan khusus pada hasil Pemilu 2019 lalu.

Kabupaten Brebes mencatat sebagai salah satu lumbung suara PDIP. Bahkan Brebes mencatat sebagai peraih suara terbanyak bagi PDIP di Jateng dengan total 328 ribu suara.

Kabupaten Brebes pun masuk dalam 10 kabupaten peraih suara terbanyak PDIP secara nasional. Di Jateng sendiri secara prosentase kursi DPRD masih kalah dengan Wonogiri, Surakarta, maupun Boyolali, namun dari total suara berada di paling atas.

Baca Juga: Cek Dominasi PDIP di Jateng: Raup 50 Persen di Dua Dapil - Ditempel Ketat PKB di Dua Dapil, Begini faktanya

Bagaimana persaingan parpol di Kabupaten Brebes pada Pemilu 2024? Mampukah partai lain menggeser PDIP?

KPU Kabupaten brebes telah menetapan partai-partai yang akan berkompeitisi, temasuk nama-nama yang lolos dalam Daftar Calon Tetap (DCT) untuk perebutan suara DPRD Brebes pada Pemilu 2024. Para caleg bersama jaringan partai maupun relawan telah terjun ke masyarakat untuk berebut suara dan mandat rakyat.

Diketahui DPT di Kabupten Brebes pada Pemilu 2024 ditetapkan sebanyak 1.511.717 pemilih. Dalam Pemilu 2024 ini alokasi kursi untuk DPRD Kabupaten Brebes berjumlah 50 kursi, masih sama dengan Pemilu 2019 lalu.

Kini parpol maupun para caleg di tiap tingkatan telah menggalang kekuatan dengan tim sukses masing-masing, hingga melakukan sosialisasi dengan berbagai alat peraga kampanye yang ada.

Berikut peta perolehan kursi tiap parpol di Kabupten Brebes pada Pemilu 2019, dimana PDIP menguasai 13 kursi, disusul PKB dengan 9 kursi, dan Golkar meraih 7 kursi, yang masuk ke posisi tiga besar dengan perolehan tetap seperti kursi pada Pemilu 2014.

Halaman:

Editor: A. Purwoko


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x