Cek DCT dan Persaingan Dapil Jateng 4 Rembang - Pati, Alokasi 6 Kursi Siapa Bakal Menggeser Lima Parpol Ini?

- 25 November 2023, 10:06 WIB
Ilustrasi Pemilu 2024. Cek DCT Dapil Jateng 4 untuk DPRD Jateng pada Pemilu 2024 yang memiliki alokasi kursi 6 kursi. Siapa berjaya di Dapil yang melingkupi wilayah Kabupaten Rembang dan Kabupaten Pati, ada baiknya ditunggu.
Ilustrasi Pemilu 2024. Cek DCT Dapil Jateng 4 untuk DPRD Jateng pada Pemilu 2024 yang memiliki alokasi kursi 6 kursi. Siapa berjaya di Dapil yang melingkupi wilayah Kabupaten Rembang dan Kabupaten Pati, ada baiknya ditunggu. /Pikiran Rakyat/Waitmonk/pikiran rakyat

YOGYALINE - Simak DCT dan peta persaingan di Dapil Jateng 4 yang melingkupi Kabupaten Rembang dan Kabupaten Pati, untuk kursi DPRD Jateng pada Pemilu 2024. Di Dapil Jateng 4 ini alokasi kursi DPRD Jateng ada 6 kursi.

Jumlah alokasi kursi untuk pemilu 2024 kali ini masih sama dengan alokasi kursi pada Pemilu 2019 lalu.

Persaingan di Dapil Jateng 4 diperkirakan masih akan ketat mengingat jumlah kursi yang tersedia relatif sedikit dibandingkan parpol peserta pemilu sebanyak 18 parpol.

Baca Juga: Cek DCT dan Peta Persaingan Dapil Jateng 12 Tegal - Brebes, Alokasi 12 Kursi Tiga Parpol Masih Bersaing Ketat?

Pada Pemilu 2019 lalu PDIP  meraih 2 kursi, sedangkan ada empat partai lainnya yang berhasil meraih 1 kursi dan mendudukkan wakilnya di gedung dewan. Empat partai itu adalah PKB, Golkar, PPP, dan Demokrat.

Di Dapil Jateng 4, wilayah Rembang dan Pati ini ada yang cukup berbeda terkait komposisi parpol peraih kursi dibandingkan di dapil-dapil lain. Di Dapil ini Gerindra tidak meloloskan wakilnya.

Ini satu-satunya Dapil dimana Gerindra tidak meloloskan kursi ke DPRD Jateng. Namun demikian, Gerindra secara keseluruhan menempatkan 13 kursi – sama dengan jumlah Dapil di Jateng, karena di Dapil Jateng 12 partai ini merebut 2 kursi.

Sesuai tahapan Pemilu 2024 ini, KPU Jateng telah merilis DCT atau Daftar Calon Tetap untuk Caleg DPRD Jateng. DCT ditetapkan pada 3 November 2023 lalu untuk selanjutnya dapat disimak secara seksama oleh calon pemilih sebelum menjatuhkan pilihannya.

Secara keseluruhan terdapat 1.399 caleg DPRD Jateng yang ditetapkan KPU Jateng.  Dari jumlah tersebut, sebanyak 835 merupakan caleg pria, dan 564 caleg perempuan. Kuota DPRD Jateng sebanyak 120 kursi yang terbagi untuk 13 dapil.

Halaman:

Editor: A. Purwoko


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x