Cek DCT dan Peta Persaingan Parpol di Kabupaten Wonogiri, PDIP Raih 54 Persen Siapa Mampu Menggeser?

- 8 Desember 2023, 14:34 WIB
Ilustrasi Pekerja menata logistik pemilu KPU: simak DCT dan peta persaingan caleg untuk DPRD Kabupaen Wonogiri, Jateng untuk Pemilu 2024.
Ilustrasi Pekerja menata logistik pemilu KPU: simak DCT dan peta persaingan caleg untuk DPRD Kabupaen Wonogiri, Jateng untuk Pemilu 2024. /Dziki Oktomauliyadi/Antarafoto

YOGYALINE - Inilah DCT  dan peta persaingan parpol dalam perebutan kursi DPRD Wonogiri pada Pemilu 2024, wilayah yang termasuk basis PDIP atau kandang banteng di Jawa Tengah. Kabupaten Wonogiri juga menjadi satu di antara daerah yang memiliki catatan dengan kemenangan tebal di wilayah eks Karesidenan Surakarta, selain Kabupaten Boyolali, dan Kota Surakarta.

Wilayah ini menjadi kantong PDIP yang pada Pemilu 2024 tetap diperhitungkan dalam perebutan suara, bahkan menjadi barometer perebutan suara di Jateng bagi pasangan capres-cawapres.

Banyak klaim akan kemenangan pasangan capres, tapi banyak juga masyarakat tak percaya. Apalagi hanya berdasarkan survei lembaga survei yang diragukan independensinya.

Baca Juga: Cek DCT dan Peta Persaingan Parpol di Kabupaten Boyolali, PDIP Catat Rekor Tertinggi se-Indonesia

Siapa yang bakal menang tentu akan dibuktikan dengan mengukur seberapa kuat mereka menguasai suara di wilayah pemilik DPT besar, seperti Jateng, -- selain Jawa Timur dan Jawa Barat yang disebut-sebut sebagai menentu.

Persaingan parpol di Kabupaten Wonogiri diperkirakan masih akan diwarnai fanatisme tinggi. Berdasarkan hasil Pemilu 2029 lalu, hanya ada 6 partai yang mampu merebut 50 kursi DPRD Wonogiri.

Dari 50 alokasi kursi di DPRD Wonogiri, PDIP merebut 28 kursi. Selanjutnya Golkar merebut 8 kursi, Gerindra meraih 4 kursi, PKS 4 kursi, PKB 3 kursi, dan PAN 3 kursi.

Kini KPU Wonogiri telah menetapkan DCT caleg untuk Pemilu 2024 pada 4 November 2023 lalu untuk berkompetisi merebut suara rakyat di lima Dapil yang ada.

Para caleg kini telah terjun ke masyarakat untuk merebut aspirasi mereka. Para caleg terjun langsung dengan menggalang tim sukses, hingga memanfaatkan berbagai alat peraga yang ada.

Halaman:

Editor: A. Purwoko


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x