Cek DCT dan Peta Persaingan Parpol di Kabupaten Boyolali, PDIP Catat Rekor Tertinggi se-Indonesia

- 6 Desember 2023, 10:01 WIB
Ilustrasi logistik pemilu 2024 - Cek DCT dan simak peta persaingan parpol di Kabupaten Boyolali untuk kursi DPRD Kabupaten Boyolali pada Pemilu 2024.
Ilustrasi logistik pemilu 2024 - Cek DCT dan simak peta persaingan parpol di Kabupaten Boyolali untuk kursi DPRD Kabupaten Boyolali pada Pemilu 2024. /prmn

YOGYALINE - Inilah DCT dan peta persaingan parpol untuk kursi DPRD Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah pada Pemilu 2024. Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah menarik perhatian karena merupakan daerah basis PDIP terkuat yang ada di provinsi yang juga disebut kandang banteng itu.

Bahkan perolahan kursi PDIP di tingkat DPRD kabupaten pada Pemilu 2029 lalu, wilayah ini merupakan yang terbesar secara prosentase di Indonesia.  Dari alokasi kursi 45 kursi dewan, PDIP meraih 35 kursi!

Jumlah ini jauh di bandingkan parpol pesaing terdekatnya, yakni Golkar yang meraih 4 kursi dewan, yang kemudian disusul PKS 3 kursi, PKB 2 kursi dan Gerindra 1 kursi.

Baca Juga: Selepas Kuningisasi di Jateng, PDIP Mengambil-alih: Simak Dapil Raihan 12 Kursi Golkar di Kandang Banteng

Persaingan di lima Dapil untuk pemilihan legislatif tingkat DPRD Boyolali pada Pemilu 2024 diperkirakan menjadi sorotan tersendiri dibandingkan daerah-daerah lain. Hal ini juga menjadi lebih menarik karena memiliki korelasi dengan persaingan hasil Pilpres 2024.

KPU Kabupaten Boyolali telah menetapkan Daftar Calon Tetap (DCT) untuk calon legislatif Kabupaten Boyolali pada Pemilu 2024, pada 4 November 2023 lalu. Terdapat 15 partai akan bersaing berebut suara rakyat di kabupaten ini.

Lantas, siapa yang mampu menggerus suara PDIP? Akankah semakin gemuk kursi PDIP di kandang banteng ini? Selanjutnya, bagaiman hasil Pilpres 2024 di wilayah Boyolali? Untuk mengetahui hasilnya ada baiknya ditunggu setelah pemungutan suara pada 14 Februari 2024 mendatang.

Saat inu para caleg maupun tim sukses dari masing-masing parpol peserta Pemilu 2024 telah bergerak untuk konsolidasi, termasuk menerapkan berbagai strategi untuk merebut suara dari 22 kecamatan atau 267 desa yang ada di seluruh Kabupaten Boyolali.

Selain dengan turun langsung ke masyarakat, mereka juga memanfaatkan berbagai alat peraga kampanye. Dalam strategi pemenangan, masing-masing caleg juga berkolaborasi dengan tim pemenangan lintas tingkatan, bahkan bersama timses pasangan capres.

Halaman:

Editor: A. Purwoko


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x