Jelang Idul Adha, Inilah Tips Memilih Hewan Kurban - Tangani Sapi Agar Tak Galak dari Dosen UGM

- 14 Juni 2023, 07:25 WIB
Apa yang harus diperhatikan saat mencari atau memilih-milih hewan kurban yang sehat? Simak tips dari Dosen Fakultas Peternakan Hewan UGM  Yogyakarta, Nanung Danar Dono PhD berikut ini.
Apa yang harus diperhatikan saat mencari atau memilih-milih hewan kurban yang sehat? Simak tips dari Dosen Fakultas Peternakan Hewan UGM Yogyakarta, Nanung Danar Dono PhD berikut ini. /purwoko/yogyaline.com/bambang sugiharto

YOGYALINE - Apa yang harus diperhatikan saat mencari atau memilih-milih hewan kurban yang sehat? Simak tips dari Dosen Fakultas Peternakan UGM Yogyakarta.

Jelang Hari Raya Idul Adha 2023 kali ini banyak orang atau kelompok masyarakat yang sedang mempersiapkan diri membeli hewan kurban. Mereka datang ke pasar-pasar hewan atau peternakan untuk mendapatkan hewan kurban pilihannya.

Apa yang harus diperhatikan saat mencari atau memilih-milih hewan kurban yang sehat? Simak tips dari Dosen Fakultas Peternakan Hewan UGM  Yogyakarta, Nanung Danar Dono PhD berikut ini.

Baca Juga: Tips Daging Kurban Awet-Segar dalam Kulkas

Menurut Nunung, pada saat akan membeli hewan kurban, sebaiknya hindari membeli hewan kurban yang dipelihara di tempat pembuangan sampah.

Hal ini ada kalanya dapat ditemui di sejumlah daerah. Namun hal itu kurang memenuhi persyaratan kesehatan.

Sebab, heran ternak yang dipelihara bebas di area pembuangan sampah, besar kemungkinan ternak tersebut mengkonsumsi limbah logam berat.

Dijelaskan, hewan ternak untuk kurban hendaknya dipilih ternak yang sehat sempurna, dengan ciri-ciri antara lain: kuat berdiri, tidak lemah, nafsu makan normal.

Halaman:

Editor: A. Purwoko


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x