5 Tips Aman Berkendara di Jalan Tol saat Mudik Lebaran 2023, Nomor 5 Paling Fatal

- 27 Februari 2023, 11:45 WIB
rute tol Sayung - Demak, resmi beroperasi dan sempat dipuji Presiden Jokowi. Selain untuk konektivitas, tol ini juga menjadi tanggul laut.
rute tol Sayung - Demak, resmi beroperasi dan sempat dipuji Presiden Jokowi. Selain untuk konektivitas, tol ini juga menjadi tanggul laut. /Setkab/setkab

YOGYALINE – Jalan tol bakal padat jelang Lebaran 2023 nanti, terutama saat puncak mudik, untuk itu pemerintah kini tengah menggesa penyelesaian pembangunan tol di sejumlah daerah di Indonesia.

Namun saat mengendarai mobil para pengendara terutama saat mudik Lebaran nanti lebih waspada dan berkonsentrasi ketika mobil sedang melaju kencang.

Mengendarai mobil bukanlah perkara mudah, karena berhubungan dengan keselamatan orang lain yang juga menggunakan jalan raya tol.

Baca Juga: Menjelang Ramadhan 2023 Harga Beras dan Minyak Goreng di Yogyakarta Merangkak Naik, Cek Pasar Tradisional

Apalagi mengemudikan mobil di jalan tol dalam kecepatan tinggi. Dibutuhkan pengetahuan khusus agar Anda selamat sampai di tujuan dan tidak mencelakai orang lain. Sangat banyak sekali kita temukan di jalan tol pengendara mengemudikan mobilnya dengan cara-cara sembarangan sehingga membahayakan orang lain.

Misalnya, mengemudikan mobil dalam kecepatan pelan di jalur paling kanan. Ketika ada mobil yang melaju lebih cepat di belakangnya, dengan santainya pengemudi mobil tidak mau memindahkan mobilnya ke jalur bagian kiri untuk memberikan jalan pada mobil di belakangnya yang lebih cepat. Sehingga pengemudi yang lebih cepat harus menyalip dari bagian kiri. Hal ini tentu saja sangat membahayakan.

Bahkan banyak sekali pengemudi yang melakukan overtaking (menyalip) mobil di depannya tanpa mengindahkan jarak dengan mobil yang ada di belakangnya yang sedang berada di jalur cepat.

Baca Juga: Jadwal Berlayar Kapal Pelni KM Ciremai Bulan Maret 2023 Lengkap Semua Rute Jelang Mudik Lebaran 2023

Untuk menjaga keselamatan dan keamanan berlalu-lintas dan berkendara, berikut tips keselamatan berkendara di jalan tol.

Halaman:

Editor: Ucu Rahman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x