Tarif Tol Medan - Binjai Bakal Naik dalam Waktu Dekat ini, Hutama Karya Punya Alasan Begini

- 5 Mei 2023, 11:16 WIB
Tarif tol untuk ruas tol Medan - Binjai akan dilakukan penyesuaian dalam waktu dekat. Pengelola tol Medan - Binjai PT Hutama Karya memiliki dasar dan alasan berikut ini.
Tarif tol untuk ruas tol Medan - Binjai akan dilakukan penyesuaian dalam waktu dekat. Pengelola tol Medan - Binjai PT Hutama Karya memiliki dasar dan alasan berikut ini. /ilustrasi pixabay/pixabay

YOGYALINE - Tarif jalan tol ruas Medan – Binjai dalam waktu dekat akan naik. Pihak pengelola jalan tol Medan – Binjai, PT Hutama Karya merilis bahwa penyesuaian tarif tol ini dilakukan yang pertama sejak beroperasi pada 2017 silam.

Jalan tol Medan – Binjai nerupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang membentang dari utara Pulau Sumatera sampai selatan, hingga menyambungkan Provinsi Nangroe Aceh Darussalam sampai Provinsi Lampung.

Ruas tol Medan – Binjai ini dalam pengerjaannya yang dimulai tahun 2015 sila, dibagi menjadi 3 seksi yang berlokasi di Sumatera Utara menghubungkan Kota Medan dengan Binjai.

Ketiga seksi yakni Seksi I: Tanjung Mulia – Helvetia; Seksi II: Helvetia – Semayang; dan Seksi III: Semayang – Binjai. Kini tol Medan – Binjai menjadi penyangga utama lalu lintas antar provinsi di wilayah setempat.

Baca Juga: Istimewa Buat Sumatera Utara! 4 Jalur Tol Dibuka untuk Mudik Lebaran 2023 Cek Peta Tol Kuala Tanjung - Parapat

Diketahui PT Hutama Karya selaku BUJT (Badan Usaha Jalan Tol) yang mengelola jalan tol Medan – Binjai (Mebi) menyatakan, hal ini dilakukan setelah selama sekitar 6 tahun beroperasi belum pernah ada penyesuaian tarif.

Direktur Operasi III Hutama Karya Koentjoro menyatakan penyesuaian tarif yang dilakukan telah sesuai dengan UU Jalan No 2 tahun 2022 tentang Perubahan Kedua atas UU No 38 Tahun 2004 tentang Jalan Pada Pasal 48 ayat 3, yang menyebutkan bahwa penyesuaian tarif jalan tol dapat dilakukan setiap 2 (dua) tahun sekali.

Penyesuaian tarif itu bisa dilakukan berdasarkan pengaruh laju inflasi dan evaluasi terhadap pemenuhan Standar Pelayanan Minimal (SPM) Jalan Tol.

Halaman:

Editor: A. Purwoko


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x