Inilah Nama - nama Jalan Tol Baru yang Unik di Indonesia, Ada Banyak Arti Pula

- 3 Maret 2023, 01:14 WIB
Jalan Tol Getaci yang merangkai akses di sejumlah daerah di Jawa Barat. Jalur tol Getaci termasuk paling indah di Indonesia. Nantinya akan memiliki 10 Gerbang Tol dan Simpang Susun (SS).
Jalan Tol Getaci yang merangkai akses di sejumlah daerah di Jawa Barat. Jalur tol Getaci termasuk paling indah di Indonesia. Nantinya akan memiliki 10 Gerbang Tol dan Simpang Susun (SS). /ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar./

YOGYALINE - Inilah nama-nama jalan tol baru yang unik, dimana nama-nama itu muncul seiring dibangunnya jalur - jalur tol di Indonesia, baik jalur tol Trans Jawa maupun Trans Sumatera. Nama-nama jalan tol yang unik itu semula terasa asing di telinga, namun menjadi populer seiring realisasi proyek tol dimaksud.

Nama-nama jalan tol yang unik itu umumnya merupakan akronim dari nama daerah yang dilintasi tol setempat. Ada yang berada di satu wilayah provinsi, lintas kabupaten, bahkan lintas provinsi.

Secara harafiah nama-nama tol baru itu ada yang sekedar sebagai penanda nama, namun ada juga yang seakan-akan memunculkan frase baru dengan arti baru.

Baca Juga: Karier 12 Zodiak Lusa Sabtu 4 Maret 2023, Cancer Ketekunan Membuahkan Hasil, Virgo Ada Projek Akan Terbukti

Berikut ini merupakan nama-nama jalan tol baru yang unik di Indonesia seiring booming-nya jalur dan ruas-ruas tol baru di Indonesia dalam satu dekade terakhir:

Jalan Tol Getaci

Tol Getaci merupakan akronim dari rencana pembangunan tol jalur Gedebage – Tasikmalaya – Cilacap. Jalur tol ini menghubungkan wilayah Jawa Barat dengan Jawa Tengah, sehingga nama yang diambil untuk jalur tol tersebut terdiri dari daerah di kedua provinsi.

Gedebage adalah nama kecamatan di Kota Bandung. Di tempat itulah awal titik jalur tol tersebut, sehingga namanya pun diambil sebagai awalan nama jalur tol itu, yakni “Ge” suku kata awal dari kata Gedebage.

Halaman:

Editor: A. Purwoko


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x