Simak Progres Tol Semarang Kaligawe - Sayung, Ada Pengerjaan 2 Rumah Pompa - Rest Area, Kapan Beroperasi?

- 26 Februari 2023, 07:30 WIB
jalan tol Semarang - Demak seksi 1 rute Kaligawe - Sayung, pengerjaannya dimulai setelah Lebaran 2023 agar tidak mengganggu arus mudik Lebaran. Inilah progres pengerjaan terkini.
jalan tol Semarang - Demak seksi 1 rute Kaligawe - Sayung, pengerjaannya dimulai setelah Lebaran 2023 agar tidak mengganggu arus mudik Lebaran. Inilah progres pengerjaan terkini. /purwoko/foto kemenPUPR/yogyaline.com

YOGYALINE - Apa kabar tol Semarang – Demak seksi 1 rute Kaligawe – Sayung? Inilah rute tol yang kelak tersambung ke jalur tol Sayung – Demak yang telah diresmikan operasionalnya oleh Presiden Jokowi, pada Sabtu, 25 Februari 2023.

Progres pembangunan jalur tol Kaligawe – Sayung layak dinantikan karena akan memberikan akses lebih utuh dari keseluruhan tol Semarang – Demak yang diakui sangat penting keberadaannya di jalur Pantura Jawa.

Jika dua ruas tol itu tersambung, nantinya arus lalu lintas Semarang – Demak sepenuhnya akan lancar, di samping fungsi lain dalam menahan banjir rob di wilayah Semarang.

Tak sabar melihat peresmian untuk jalur tol Semarang – Demak lagi? Ada baiknya sabar dulu, dan perlu diketahui sejauh mana progres pengerjaannya sampai saat ini.

Baca Juga: Istimewa Buat Sumatera Utara! 4 Jalur Tol Dibuka untuk Mudik Lebaran 2023 Cek Peta Tol Kuala Tanjung - Parapat

Untuk diketahui secara keseluruhan panjang jalan Tol Semarang-Demak membentang sepanjang 26,95 km dan pembangunanya dibagi dalam 2 Seksi. Seksi 1 Kaligawe – sayung, dan seksi 2 Sayung – Demak.

Dikutip dari Setkab.go.id, untuk pembiayaannya melalui skema Kerjasama antara Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dan Dukungan Pemerintah (Viability Gap Fund / VGF).

Untuk tol Semarang – Demak Seksi 1 sepanjang 10,64 km merupakan porsi pemerintah pusat, dan hingga kini telah dilaksanakan kontrak dengan lingkup 3 paket pekerjaan.

Halaman:

Editor: A. Purwoko


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x