Dimana Rute Jalan Tol Baru yang Dibuka Saat Mudik Lebaran 2023? Cek Rute Tol Trans Jawa dan Trans Sumatera

- 23 Februari 2023, 11:40 WIB
Pada arus Mudik Lebaran 2023 diharapkan lebih lancar, ada 16 jalur tol baru dibuka. Foto Tol Semarang - Demak yang diharapkan Mampu Urai Kemacetan: Cek Jadwal Buka Jalur Tol jelang Mudik Lebaran 2023.
Pada arus Mudik Lebaran 2023 diharapkan lebih lancar, ada 16 jalur tol baru dibuka. Foto Tol Semarang - Demak yang diharapkan Mampu Urai Kemacetan: Cek Jadwal Buka Jalur Tol jelang Mudik Lebaran 2023. /semarangku/prmn/semarangku

YOGYALINE - Arus Mudik Lebaran 2023 diharapkan akan lebih lancar dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, ada 16 jalur tol baru direncanakan dibuka pada saat arus mudik Lebaran 2023.

Menjelang masa Mudik Lebaran 2023, pihak Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) berencana mengoperasikan jalur jalan tol baru yang akan memperlancar arus lalu lintas warga.

Diketahui pada  tahun 2022 ruas jalan tol beroperasi sepanjang 142,11 km, dan akan ditambah ruas jalur tol baru yang beroperasi pada awal tahun 2023 sepanjang 20,89 km.

Lebih spesifik, terdapat penambahan 16 jalur tol baru yang bakal dibuka saat Mudik Lebaran 2023 ini. 

Baca Juga: Perbandingan Harga Tiket kapal Pelni KM Bukit Siguntang dan KM Awu Bulan Februari 2023, Mahal Mana?

Pembukaan ruas jalur tol baru itu diharapkan mempersingkat waktu tempuh antar wilayah, yang pada akhirnya menekan biaya perjalanan bagi pemudik.

“Jaringan jalan kita sekarang, kita rancang dari strategi jaringan backbone-nya jalan tol. Jadi kalau kita bangun jalan tol di mana-mana itu maksudnya untuk menekan travel time”.

Variablenya transport cost, jadi kalau waktu perjalanan lebih panjang pasti biaya transportasinya akan tambah mahal,” kata Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Kementerian PUPR, Hedi Rahadian saat acara press conference di Kementerian PUPR, Rabu pekan lalu.    

Halaman:

Editor: A. Purwoko


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x