Tambah Provinsi Papua Barat Daya, Indonesia Punya 38 Provinsi: Soal Pemilu dan Pj Gubernur Begini Tahapannya

- 17 November 2022, 20:58 WIB
Puan Maharani, Ketua DPR RI. Kini Indonesia memiliki 38 provinsi setelah disahkannya Provinsi Papua Barat Daya.
Puan Maharani, Ketua DPR RI. Kini Indonesia memiliki 38 provinsi setelah disahkannya Provinsi Papua Barat Daya. /Dok. DPR RI//

YOGYALINE - Provinsi Papua Barat Daya resmi terbentuk. Indonesia kini memiliki 38 provinsi setelah Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) mengesahkan Undang-Undang (UU) tentang pembentukan Papua Barat Daya, Kamis 17 November 2022.

Ketua DPR RI Puan Maharani memastikan bahwa semua provinsi Papua yang baru saja disahkan oleh DPR bisa mengikuti Pemilu 2024.

“Alhamdulillah bisa disahkan saat ini menyusul 3 Provinsi Papua lainnya yang sudah disahkan, saat ini Indonesia sudah memiliki 38 provinsi dengan penambahan 4 Provinsi Papua yang sudah disahkan,” katanya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis 17 November 2022.

Baca Juga: Audiensi PWKI di Vatikan, Sri Sultan HB X Hadiahkan Gunungan untuk Sri Paus

Menurut Puan, DPR terus bersinergi dengan pemerintah untuk mengesahkan UU Papua Barat Daya demi menghasilkan kesetaraan sosial, ekonomi, dan pendidikan di provinsi baru ini.

Puan berharap pemerintah selanjutnya bisa menyelesaikan Perppu Pemilu supaya provinsi yang baru disahkan bisa ikut dalam pesta demokrasi lima tahunan itu.

Dia menunggu Perppu Pemilu sampai akhir Desember 2022. Meski begitu, ia yakin pemerintah saat ini telah menyusun draft Perppu Pemilu.

“Terkait perpu dan lain-lain kita tunggu sampai bulan Desember,” ujarnya.

Sementara itu, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengatakan pihaknya segera mengeluarkan Perppu Pemilu. Kemendagri kata dia sudah membahas Perppu Pemilu bersama KPU, Bawaslu, DKPP dan Komisi II.

Pihaknya menargetkan Perppu Pemilu selesai pada Desember 2022. Kemudian dia juga menargetkan bahwa pemerintah akan melakukan sidang Tim Penilai Akhir (TPA) terkait Pj Gubernur provinsi yang baru.

Baca Juga: Zodiak Lusa Sabtu 19 November 2022, Cinta, Keuangan dan Karier yang Beruntung

“Kemungkinan Minggu depan sudah ada sidang TPA (Tim Penilai Akhir) penentu pejabat gubernurnya. Karena pelantikan penjabat gubernur adalah simbol peresmian adanya pemerintahan de facto provinsi,” ucapnya.***

Editor: A. Purwoko


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x