Fakta-fakta Kuala Kencana Kota Modern Pertama di Papua yang Kini Trending

- 2 Agustus 2022, 09:55 WIB
Kuala Kencana, kota modern pertama di Indonesia yang ada di Papua.
Kuala Kencana, kota modern pertama di Indonesia yang ada di Papua. /Twitter/miningindonesia/Yogyaline.com/prmn

YOGYALINE - Kuala Kencana, sebuah tempat di Papua kini trending dan hangat dalam sorotan netizen. Dimana letak Kuala Kencana yang disebut sebagai kota modern pertama di Indonesia itu?

Kota modern pertama di Indonesia hadir di Papua tepatnya di distrik atau kecamatan bernama Kuala Kencana.

Kecamatan ini dikelola sepenuhnya oleh PT Freeport Indonesia. Mengapa disebut kota modern? Kuala Kencana disebut Kota Modern karena sangat mengedepankan aspek pemeliharaan lingkungan.

Baca Juga: Resmi Dibuka, PPSMB UGM Langkah awal Gadjah Mada Muda Perkuat karakter SANG JUARA

Kuala Kencana merupakan kota pertama yang menggunakan saluran listrik bawah tanah serta menjadi kawasan pertama yang memiliki saluran air kotor yang langsung dialirkan ke pusat pengelolaan air limbah.

Dilansir Pikiran-Rakyat.com dari berbagai sumber, distrik ini diresmikan pada 15 Desember 1995 dengan sekitar 2.000 jiwa penduduk.

Kuala Kencana dibangun di tengah hutan tropis yang menempati lahan seluas 17.078 hektare di bawah pengawasan ketat serta penebangannya pun diawasi.

Sebelumnya kota ini bernama Kota Baru, tetapi diubah menjadi Kuala Kencana atau Panci Emas oleh mantan Presiden Soeharto. Lokasinya berjarak sekitar 20 kilometer dari Timika.

Kota ini tetap menjaga kelestarian serta kekayaan budaya suku asli di sana dengan menempatkan sejumlah karya ukir patung Kamoro sebagai ornamen taman.

Halaman:

Editor: A. Purwoko


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x