Gubernur Papua Lukas Enembe Dua Kali Mangkir, KPK Akan Cek Alasan Kesehatan Enembe

- 27 September 2022, 17:02 WIB
Kuasa hukum Gubernur Papua Lukas Enembe, Stefanus Roy Rening (kiri) dan rekannya, menunjukkan surat keterangan tentang kondisi kesehatan dari kliennya saat mendatangi Gedung Merah Putih KPK, di Jakarta, Senin 26 September 2022.
Kuasa hukum Gubernur Papua Lukas Enembe, Stefanus Roy Rening (kiri) dan rekannya, menunjukkan surat keterangan tentang kondisi kesehatan dari kliennya saat mendatangi Gedung Merah Putih KPK, di Jakarta, Senin 26 September 2022. /Antara/Indrianto Eko Suwarso/

YOGYALINE - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan belum menerima informasi valid soal kondisi kesehatan Gubernur Papua, Lukas Enembe.

Hal ini disampaikan KPK terkait mangkirnya Lukas Enembe dari panggilan KPK dengan alasan sakit. Ia sudah dua kali mangkir dari panggilan KPK dalam kasus pidana korupsi itu.

"Sampai dengan hari ini KPK belum mendapatkan informasi yang sahih dari pihak dokter atau pun tenaga medis yang menerangkan kondisi saudara LE (Lukas Enembe) dimaksud," ungkap Juru Bicara KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Selasa 27 September 2022.

Baca Juga: Pasutri Polisi di Blora Dihukum 6 Tahun Penjara Gegara Mainkan Duit Negara Rp3 Miliar ke Rekening Paypall

Menurut Ali, keterangan sakit Lukas Enembe hanya datang dari tim kuasa hukumnya dan bukan pernyataan tim medis.

KPK berharap kuasa hukum Lukas Enembe bekerja sesuai dengan porsinya sebagai penasihat hukum.

"KPK berharap peran kuasa hukum seharusnya bisa menjadi perantara yang baik agar proses penanganan perkara berjalan efektif dan efisien," ujarnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Alexander Marwata menyebut pihaknya bakal memastikan kebenaran kondisi kesehatan Gubernur Papua Lukas Enembe yang dua kali mangkir panggilan penyidik KPK.

"Hari ini harusnya Pak Lukas yang diperiksa, tapi yang bersangkutan, pengacaranya, dan dokter kan sudah menyampaikan bahwa beliau itu sakit”.

Halaman:

Editor: A. Purwoko

Sumber: PMJ News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x