Final Playoff Leeds United vs Southampton: Berebut Tiket Naik Kasta, Sejarah Leeds Menguji Mental

- 25 Mei 2024, 21:15 WIB
pemain Leeds United, Crysencio Summerville.
pemain Leeds United, Crysencio Summerville. /Instagram Crysencio Summerville/instagram

YOGYALINE - Tiket ke Liga Premier pada permintaan pertama ditawarkan bagi Leeds United dan Southampton, yang menyimpan asa tertinggi pekan ini. Kedua klub berjuang untuk hadiah utama berupa promosi ke Liga Premier di Wembley pada final playoff Championship hari Minggu. 

Setelah keduanya tidak mencetak gol pada leg pertama semifinal, los blancos mengalahkan Norwich City di pertandingan kedua, sementara The Saints mengirim West Bromwich Albion untuk menjalani satu pertandingan lagi untuk merebut kembali status mereka di divisi teratas.

Leeds asuhan Daniel Farke telah tersesat di tahap akhir musim dengan menyerahkan tempat promosi otomatis terakhir ke Ipswich Town.

Baca Juga: Leicester City Pastikan Promosi ke Liga Primer, Leed Favorit tapi Apes

Namun, tendangan bebas cerdas dari Ilia Gruev memicu laju empat gol hanya empat hari kemudian, ketika Joel Piroe dan Georginio Rutter juga ikut berperan dalam menutup babak pertama di Elland Road sebelum Crysencio Summerville menutup gol kedua yang luar biasa.

Leeds bersukacita karena berhasil mencapai final playoff untuk keempat kalinya dalam sejarah mereka. Namun pertanda tersebut tidak menjanjikan bagi para penggemar los blancos yang lebih percaya takhayul, yang belum pernah melihat tim mereka mendapatkan promosi dalam keadaan seperti itu. 

Faktanya, Leeds kalah di final playoff pada musim 1986-87, 2005-06 dan 2007-08, dan tidak ada tim yang pernah mengalami kekalahan lebih banyak dalam pertandingan tersebut selain tim blanco, yang total tiga kekalahannya setara dengan Bristol City, Exeter City, Kota Lincoln dan Kota Shrewsbury. 

Dengan demikian, sejarah playoff yang tidak diinginkan akan terjadi bagi Leeds. Namun mereka bisa saja lolos, mungkin kini telah menemukan kembali semangat pada saat yang penting. 

Keberhasilan Leeds di leg kedua mirip dengan musuh yang akan datang, Southampton merupakan sesama korban degradasi Liga Premier 2022-23.

Halaman:

Editor: A. Purwoko


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah