Amanat Panglima KODAM IV Diponegoro Hadapi Pemilu 2024: Jaga Komitmen Netralitas

- 19 Januari 2024, 21:22 WIB
Mayjen Tandyo Budi Revita Pangdam IV/Diponegoro.
Mayjen Tandyo Budi Revita Pangdam IV/Diponegoro. /purwoko/Foto: ist/yogyaline.com/ist

YOGYALINE - Apel Kesiapsiagaan KODAM IV/Diponegoro dalam rangka Kesiapan Pengamanan Pemilu 2024, dilangsungkan pada Rabu (17/01) kemarin di Lapangan Parkir Stadion Mandala Krida. Apel kesiapsiagaan ini dipimpin langsung oleh Komandam Korem 072/Pamungkas, Brigjen TNI Zainul Bahar.

Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X turut serta meninjau pasukan gabungan pada Apel Kesiapsiagaan jelang pemilu tersebut.

Membacakan amanat Pangdam IV/Diponegoro, Mayjen TNI Tandyo Budi Revita, Zainul Bahar mengungkapkan, kegiatan apel ini diselenggarakan dengan tujuan untuk mengecek dan memastikan kesiapan pasukan dan perlengkapan satuan jajaran TNI Polri di DIY.

Baca Juga: Jelang Kampanye Akbar Pemilu 2024 di Kulon Progo, Pj Bupati Warning ASN dan Perangkat Kalurahan

Pasukan gabungan pengamanan ini tengah menghadapi tugas pengamanan Pemilu yang saat ini sedang berlangsung.

“Kita ketahui bersama bahwa tahapan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, serta anggota legislatif, tentunya memiliki potensi konflik yang tinggi dan kompleks. Untuk itu, guna menjamin keamanan dan kelancaran pesta demokrasi rakyat tersebut, kita dituntut untuk mampu bekerja sama dengan seluruh komponen bangsa untuk mewujudkan stabilitas keamanan dan kondusivitas di wilayah,” katanya.

Zainul Bahar pun menuturkan, potensi konflik sekecil apapun tidak boleh dikesampingkan dan harus dapat diantisipasi agar tidak berkembang menjadi konflik yang besar yang dapat mengancam keutuhan bangsa.

Selanjutnya, TNI Polri juga diharapkan tetap berpegang teguh pada integritas dan komitmen netralitas.

“Netralitas adalah komitmen kita untuk tidak berpolitik praktis dengan mendukung salah satu calon yang saat ini sedang berkontestasi. Dan hal tersebut tidak bisa ditawar-tawar lagi karena menjadi kunci kepercayaan masyarakat terhadap institusi TNI Polri,” tegasnya.

Halaman:

Editor: A. Purwoko


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x