Kopti Jateng Siap Tampung Hasil Kedelai Petani, Modernisasi Pabrik Tahu Beri Multiplier Effect Luas

- 12 Desember 2023, 10:11 WIB
. Puskopti Jawa Tengah akhirnya menandatangani perjanjian kerjasama dengan Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Jateng, kerjasama dengan Bank Mandiri Jateng & DIY. Acara digelar di kantor Kopti Kota Salatiga, Senin 11 Desember 2023.
. Puskopti Jawa Tengah akhirnya menandatangani perjanjian kerjasama dengan Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Jateng, kerjasama dengan Bank Mandiri Jateng & DIY. Acara digelar di kantor Kopti Kota Salatiga, Senin 11 Desember 2023. /purwoko/yogyaline.com

YOGYALINE – Upaya modernisasi produksi tahu yang dilakukan oleh Kopti Kota Salatiga bekerjasama dengan PT SMS memberi multiplier effect pada roda perekonomian secara luas. Puskopti Jawa Tengah akhirnya menandatangani perjanjian kerjasama dengan Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Jateng.

Dalam acara bertajuk Rapat Konsolidasi Puskopti Jateng yang digelar di kantor Kopti Kota Salatiga, Senin 11 Desember 2023 itu, sekaligus ada penandatanganan perjanjian kerjasama Puskopti Jateng dengan Bank Mandiri Jateng & DIY.

Ada juga penandatangan kerjasama antara Primkopti Kota Salatiga dengan Hotel Laras Asri, terkait penyerapan produk tahu sutera yang diproduksi secara modern dan higienis oleh hotel bintang lima di Kota Salatiga itu.

Baca Juga: Tahu Sutera Makin Digemari Masyarakat Kota Salatiga, Ketua Kopti Bangga Hotel Bintang 5 Segera Kerjasama

Acara itu dihadiri langsung Pj Wali Kota Salatiga Sinoeng Noegroho Rachmadi, Ketua KTNA Jateng Sofyan MN, Direktur Bank Mandiri Jateng & DIY Aryawan Sutanto, pejabat dari Biro Infrastruktur dan SDA Pemda Jateng, pejabat dari Dinas Perdagangan dan Industri Kota Salatiga, Direktur Hotel Bambang Kiswanto dan lain-lain.  

Ketua Puskopti Jateng Sutrisno Supriantoro mengungkapkan lompatan maju telah terjadi saat ini terkait kiprah Kopti, terutama di Jawa Tengah. Sutrisno mengungkap keterkejutannya dengan langkah yang dilakukan Primkopti Kota Salatiga dengan melakukan terobosan melakukan modernisasi proses pembuatan tahu yang baru direalisasikan beberapa bulan lalu.

Namun kini, diluar prediksi awal, perkembangan produksi tahu higienis “Tahuku” langsung diterima masyaarkat luas baik di Kota Salatiga maupun wilayah sekitar, seperti Kendal, Semarang, Boyolali, hingga Yogyakarta.

Bahkan produk tahu sutera ini kini juga diakui dalam standar untuk konsumsi hotel bintang lima, dimana salah satunya tergambar dari kerjasama pihaknya dengan Hotel Laras Asri Salatiga.

“Ini berkah. Ini langkah yang tidak tergambarkan saat awal. Tapi kini produksi tahu secara modern begitu berkembang pesat, dan telah ekspansi ke semua segmen. Jadi ini merupakan langkah dari Kopti Kota Salatiga untuk Indonesia,” ungkap Sutrisno Supriantoro saat memberikan sambutan acara yang dilangsungkan di Kantor Primkopti Kota Salatiga, sekaligus lokasi produksi tahu modern itu.

Halaman:

Editor: A. Purwoko


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x