Hasil Survei Elektabilitas Capres Terbaru Versi LPI Ganjar - Mahfud 38 Persen, Ini Bocoran dari Ganjar

- 17 November 2023, 10:25 WIB
Hasil survei terbaru versi LPI yang dirilis pada 16 November 2023, Pasangan Capres Ganjar Pranowo dan Cawapres Mahfud MD unggul dengan 36,8 persen.
Hasil survei terbaru versi LPI yang dirilis pada 16 November 2023, Pasangan Capres Ganjar Pranowo dan Cawapres Mahfud MD unggul dengan 36,8 persen. / instagram @ganjar_pranowo /

YOGYALINE - Simak inilah hasil survei elektabilitas pasangan capres-cawapres terkini versi Lembaga Pemilih Indonesia (LPI), dimana survei dilakukan pasca putuan MKMK, pada 9-13 November 2023.

LPI merilis hasil survei dengan data elektabilitas pasangan capres-cawapres Ganjar Pranowo dan Mahfud MD unggul dari dua pasangan lainnya.

Elektabilitas pasangan Ganjar – Mahfud Md 38,75 persen, disusul Prabowo – Gibran 34,25 persen, dan Anies-Muhaimin 24,00 persen.

Baca Juga: Simak Aksi-aksi Viral dari Pengundian Nomor Urut Capres: Ganjar Bilang 'Saya Tenang' hingga Prabowo Berjoget

“Elektabilitas pasangan pasangan Ganjar-Mahfud 38,75 persen, Prabowo-Gibran 34,25 persen dan Anies-Muhaimin 24,00 persen. Sedangkan yang memilih tidak tahu atau tidak menjawab ada 3,00 persen," kata Wakil Direktur LPI Ali Ramadhan dalam keterangan tertulis yang diterima, Kamis 16 November 2023.

Menurut Ali Ramadhan, survei LPI juga memotret tanggapan publik terhadap putusan MKMK. Diketahui, MKMK menyatakan ada pelanggaran kode etik berat, terkait putusan MK tentang batas usia pencalonan calon presiden dan calon wakil presiden.

Dalam hasil surveinya itu diketahui hasilnya 28,50 persen responden mengatakan sangat puas dengan putusan MKMK, dan 15,25 persen responden mengaku puas dengan putusan MKMK. Jika ditotal terdapat 43,75 persen yang menyatakan respons positif terkait putusan tersebut.

Sisanya, 25,35 persen responden mengaku kurang puas dan 29,55 persen mengaku tidak puas,  atau dengan total 54,9 persen. Sedangkan 1,35 persen mengaku tidak tahu dan tak menjawab.

Diketahui, survei nasional diselenggarakan LPI pada 9-13 November 2023. Responden survei diambil dengan menggunakan teknik multistage random sampling, dari 18 Provinsi di Indonesia. Sedangkan jumlah sampel 1.300 responden dengan margin of error sebesar ±2,83 pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Hasil survei capres-cawapres sebelumnya

Lembaga-lembaga survei akhir-akhir ini cukup intens merilis hasil survei mereka. Dari sejumlah lembaga survei terdapat beragam versi hasil survei. Survei dilakukan ada yang disajikan saat belum muncul kontroversi putusan MK, maupun setelah dinamika jelang pendaftaran calon ke KPU.

Baca Juga: Pasangan Capres Anies Baswedan - Muhaimin, Disusul Ganjar Pranowo - Mahfud MD Daftar ke KPU Hari Ini

Hasil survei beberapa lembaga survei di Indonesia itu bisa disimak sebagai berikut.

Survei Charta Politika

Halaman:

Editor: A. Purwoko


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x