Yenny Wahid dan Barisan Gusdurian Dukung Ganjar - Mahfud, Tembang Roso Pangroso pun Jadi Pembuka

- 27 Oktober 2023, 20:58 WIB
Putri Presiden ke-4 Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, Yenny Wahid mengepalkan tangan saat deklarasi dukungan kepada Ganjar - Mahfud MD pada Pilpres 2024 di Hotel Borobudur, Jakarta, Jumat, 27 Oktober 2023.
Putri Presiden ke-4 Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, Yenny Wahid mengepalkan tangan saat deklarasi dukungan kepada Ganjar - Mahfud MD pada Pilpres 2024 di Hotel Borobudur, Jakarta, Jumat, 27 Oktober 2023. /Antara/Sulthony Hasanuddin/yogyaline.com/antara

YOGYALINE - Didahului dengan membawakan tembang berjudul Roso Pangroso, sebuah tembang sarat petuah moral dan nilai-nilai kebajikan, Yenny Wahid dan barisan Gusdurian mendeklarasikan dukungan kepada pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Ganjar Pranowo dan Mahfud MD.

Deklarasi Yenny Wahid dan Barisan Gusdurian untuk mendukung pasangan capres-cawapres Ganjar-Mahfud MD itu digelar di Hotel Borobudur Jakartam Jumat 27 Oktober 2023. Yenny Wahid pun mengungkapkan pilihannya menjatuhkan pilihan kepada pasangan Ganjar-Mahfud berdasarkan suara hati.

Sebelum mendeklarasikan dukungannya, Yenny Wahid membuka sambutannya dengan melantunkan sebuah tembang berjudul Roso Pangroso, sebuah tembang macapat yang sarat dengan petuah mendalam tentang etika dan moral.

Baca Juga: Inilah Profil dan Sosok Mahfud MD Cawapres Ganjar Pranowo pada Pilpres 2024

"Saya ingin nembang, karena saya orang jawa. Orang Jawa itu diikat oleh nilai-nilai. Tembang ini luar biasam memuat nilai-nilai moral dan nilai kebajikan dan kehidupan. Tembang ini ditulis oleh Sultan Agung Hanyakrakusuma dalam Serat Sastra Gending," ungkap Yenny Wahid.

Setelah tembang macapat itu dilantunkannya penuh nuansa religi, ia pun mendeklarasikan dukungannya.

Diketahui, Serat Sastra Gendhing merupakan karya Sultan Agung Hanyakarakusuma yang sarat dengan latar budaya yang religius. Sultan Agung Hanyakrakusuma memerintah Mataran Islam pada tahun 1613-1645.

Bagaimana petuah dalam menerapkan ajaran-ajaran budi pekerti luhur serta makna filosofi kehidupan terdapat dalam Serat Sastra Gendhing tersebut.

Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud Arsjad Rasjid, Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo, Wakil Ketua TPN Ganjar-Mahfud Andika Perkasa, Sekjen Perindo Ahmad Rofiq, dan Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto yang hadir dalam deklarasi itu mengungkapkan apresiasinya atas sikap Yenny Wahid.

Halaman:

Editor: A. Purwoko


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x