Kereta Cepat Jakarta-Bandung Resmi Beroperasi: Namanya Unik, Anomatope atau Sebuah Singkatan?

- 3 Oktober 2023, 13:17 WIB
enumpang Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) saat menunggu keberangkatan di Stasiun Tegalluar, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat (15/9/2023). Simak nama kereta cepat ini unik, anomatope atau merupakan singkatan?
enumpang Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) saat menunggu keberangkatan di Stasiun Tegalluar, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat (15/9/2023). Simak nama kereta cepat ini unik, anomatope atau merupakan singkatan? /ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah./ANTARA FOTO

YOGYALINE - Kereta Cepat Jakarta – Bandung resmi beroperasi setelah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo sejak Senin, 2 Oktober 2023. Kereta ini berkecepatan tinggi, dan merupakan kereta cepat pertama di Indonesia dan Asia Tenggara. Kereta ini dapat melaju hingga kecepatan 350 kilometer per jam.

Kereta cepat ini memiliki nama unik, Whoosh. Dianggap unik karena nama kereta ini diambil dari anomatope suara sesuatu yang meluncur secepat kilat--sebagaimana dalam kebiasaan bahasa Jawa, whoosh.

Tidak hanya kerata, sesuatu yang meluncur dengan luar biasa cepat kerap diilustrasikan dengan kata whoosh. Kendaraan yang meyalip dengan luar biasa, atau benda yang melaju meninggalkan sebuah tempat sekedipan mata juga kerap diilustrasikan dengan kata whoosh!!!.

Baca Juga: 4 Fakta Menarik Naik Kereta Cepat Whoosh, Melewati 3 Stasiun hingga Masih Digratiskan

Meski demikian, Kereta Cepat Whoosh ternyata juga memiliki kepanjangan dalam bahasa Indonesia yang layak diketahui.

“W-H-O-O-S-H, dibaca ‘wus’. Ini diinspirasi dari suara yang melesat dari kereta berkecepatan tinggi ini, dan singkatan dari Waktu Hemat, Operasi Optimal, Sistem Hebat,” kata Presiden Jokowi saat memberi sambutan saat peluncuran kereta cepat tersebut.

Presiden RI Joko Widodo meresmikan beroperasinya Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB), di Stasiun KCJB Halim, Jakarta Timur, Senin, 2 Oktober 2023 pagi.

“Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, Kereta Cepat Jakarta-Bandung Whoosh saya nyatakan dioperasikan,” ujar Presiden.

Presiden mengungkapkan, meski diambil dari sebuah anomatope yang berkonotasi cepat, Whoosh juga merupakan singkatan dari Waktu Hemat, Operasi Optimal, Sistem Hebat.

Halaman:

Editor: A. Purwoko


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x