Berombongan Naik Kereta Api Bakal Dapat Kemudahan Pemesanan Tiket, Cek Ketentuan dan Syaratnya

- 20 Juli 2023, 18:28 WIB
Penumpang kereta api kini bisa berombongan dimana PT KAI juga telah menerapkan kemudahan dengan prosedur dan ketentuan khusus. Simak di sini.
Penumpang kereta api kini bisa berombongan dimana PT KAI juga telah menerapkan kemudahan dengan prosedur dan ketentuan khusus. Simak di sini. /purwoko/yogyaline,com/bambang sugiharto

YOGYALINE - Bepergian secara berombongan naik kereta api, kini bisa mendapatkan pelayanan khusus. PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 6  Jogjakarta siap
memberikan kemudahan bagi calon penumpang kereta api (KA) dalam melakukan pemesanan tiket.

Kemudahan ini ditujukan lebih khusus untuk layanan angkutan rombongan, selain Kereta Api Luar Biasa (KLB) bagi calon penumpang KA yang ingin bepergian secara berombongan.

Untuk cara order dan ketentuan yang berlaku, simak artikel berikut sampai akhir.

Baca Juga: Aturan Naik Kereta Api Terbaru Berlaku per 12 Juni 2023, Simak Soal Penggunaan Masker

Manager Humas KAI Daop 6  Jogjakarta Franoto Wibowo menjelaskan angkutan rombongan non KLB adalah layanan yang diberikan kepada sekelompok orang yang bepergian secara bersama-sama menggunakan KA, pada jadwal dan kelas pelayanan yang sama dengan jumlah minimal penumpang yang telah ditentukan.

"Saat ini jumlah minimal angkutan rombongan yang dapat dilayani oleh layanan angkutan rombongan non KLB adalah 10 orang untuk kelas eksekutif dan minimal 20  orang untuk kelas bisnis dan ekonomi komersial (non subsidi/PSO),” kata Franoto dalam penjelasannya, Kamis, 20 Juli 2023.

Dalam memberikan kemudahan bagi pelanggan dalam melakukan pemesanan tiket. Calon penumpang rombongan cukup menyerahkan data penumpang ke narahubung di masing-masing wilayah kerja KAI.

"Calon penumpang juga dapat memilih posisi tempat duduk, selama masih tersedia," sebutnya.

Berikut syarat dan ketentuan angkutan rombongan:

Calon penumpang menghubungi narahubung (PIC) layanan rombongan di masing-masing Daerah Operasi (Daop) atau Divisi Regional (Divre).

Layanan rombongan berlaku untuk semua kelas kereta api komersial (tidak berlaku untuk KA subsidi/PSO).

Kereta api subsidi hanya diperuntukkan bagi rombongan siswa setingkat SLTA ke bawah, dengan mengajukan pemohonan yang ditandatangani pejabat berwenang dari sekolah.

Baca Juga: Beli Tiket Kereta Api Kini Bisa Lebih Awal, Simak Ada Kereta Api Baru untuk Rute Jarak Jauh

Tiket rombongan dapat dilayani selama tempat duduk masih tersedia dan dapat dilakukan mulai H-45 sebelum jadwal keberangkatan.

Tarif yang berlaku mengacu pada tarif umum (tidak berlaku tarif reduksi).

Berita acara angkutan rombongan dibuat atas kesepakatan bersama (BAK).

Pemohon wajib membayar uang muka (DP) minimal 25% dari nilai total biaya angkutan rombongan yang disepakati, sesuai berita acara kesepakatan.

Block seat dapat dilakukan setelah pembayaran uang muka.

Pembayaran sisa biaya angkutan rombongan dan penyerahan daftar peserta rombongan yang berangkat dilakukan paling lambat 14 (empat belas) hari sebelum tanggal keberangkatan.

Sedangkan pencetakan tiket paling lambat 7 (tujuh) hari sebelum tanggal keberangkatan.

Pelayanan angkutan rombongan hanya dilayani pada hari dan jam kerja (Senin-Jumat, Pukul 09.00 – 15.00 WIB, kondisional), tidak melayani di hari libur.

Bagi calon pelanggan yang menginginkan layanan tiket rombongan dan berangkat dari stasiun di wilayah Daop 6 Jogja dapat menghubungi nomor whatsapp unit layanan penumpang di 0811-2021-0006.

Baca Juga: Aturan Bagasi Kereta Api Wajib Tahu, Cek Ketersediaan Tiket Kereta pada Libur Lebaran 2023 Ini

Franoto menambahkan jika terdapat kendala untuk menghubungi nomor di atas, calon pelanggan juga dapat mendatangi customer service di stasiun atau call center 121 dan whatsapp resmi KAI121 di nomor 0811-1211-1121 (whatsappresmi terverifikasi dengan centang hijau).

Diharapkan hadirnya layanan rombongan di berbagai wilayah KAI dapat mempermudah masyarakat dalam menikmati perjalanan kereta api yang lebih berkesan bersama keluarga, teman, maupun kolega.

"KAI berkomitmen untuk selalu memberikan layanan perkeretaapian terbaik bagi masyarakat yang aman, nyaman, dan sehat,” pungkas Franoto.***/bambang sugiharto

Editor: A. Purwoko


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x